Wow ! Ada Tangga Seribu di Bukittinggi

0
183

BUKITTINGGI, KabarTravel.com – Kota Wisata”bagi anda yang suka melanglang buana ke berbagai tempat wisata,tentu tak asing lagi dengan Slogan tersebut.

Memiliki banyak destinasi wisata menjadikan Kota Bukittinggi selalu ramai dikunjungi Wisatawan,baik Wisatawan Lokal maupun Mancanegara.Beraneka ragam tujuan wisata dan iklim udara yang sejuk yang ada di Kota ini membuat para pelancong selalu ingin kembali ke Bukittinggi.

Beberapa wisata yang cukup populer misalnya Jam Gadang, Ngarai Sianok, Goa Jepang, dan Rumah Adat Baanjuang atau yang lebih populer di sebut Rumah Gadang yang umumnya menjadi tujuan wisata para pelancong yang singgah ke Bukittinggi.

Selain beberapa wisata tersebut, ada pula wisata yang tidak kalah menariknya yaitu Janjang Saribu atau Great Wall of Koto Gadang,yang berlokasi di Bukit Apit Puhun, Guguk Panjang, Bukittinggi.

Menurut bahasa Minang janjang berarti tangga, sedangkan saribu berarti seribu. Meski demikian jumlah anak tangga yang dimiliki Janjang Saribu tidak sampai 1.000 buah. Janjang Saribu sebenarnya hanyalah kiasan untuk melambangkan banyaknya jumlah anak tangga hingga ke puncaknya.

Sejatinya Janjang Saribu hanya memiliki ratusan anak tangga. Dahulunya orang menggunakan tangga Janjang Saribu untuk mengangkut air dari dasar ngarai ke pemukiman.

Janjang Saribu memiliki panorama yang menakjubkan. Dari atas, tampak lembah nan hijau Ngarai Sianok dan Gunung Singgalang. Selain itu, Janjang Saribu juga dihiasi dengan tembok berwarna abu-abu di sisi kanan dan kiri. Tujuannya tentu agar pengunjung terhindar dari bahaya mengingat lokasinya berada di sisi jurang. Tembok yang artistik tersebut ternyata terinspirasi dari Tembok Besar China. Karena jarak dari ujung ke ujung yang cukup panjang ditambah tembok abu-abu di sisi kanan dan kiri, tempat ini mirip dengan Tembok Besar China.

Tidaklah mengherankan jika tempat ini mendapat julukan Replika Tembok China,karena memang keunikan tempat ini sekilas mirip dengan Tembok Cina. Menemukan Janjang Saribu tidak sulit karena lokasinya tak jauh dari Ngarai Sianok. Dari Taman Panorama di dekat Lobang Jepang, tinggal mengarahkan kendaraan sekitar 500 meter. Ketika bertemu perempatan, ambil jalan ke arah kiri. Dari titik itu, Janjang Saribu tidak akan jauh lagi dan anda dapat menjelajahi tingkat demi tingkat anak tangga hingga ke puncak Janjang Saribu.

Doni Harima

Sumber: kabarmaya.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here