Trekking dan Spot Panorama Terbaik Ada di Pulau Padar Labuhan Bajo

0
94

KABARTRAVEL.COM – Pulau Padar Labuan Bajo yang terkenal dengan Pulau ketiga terbesar di Kawasan Pulau Komodo ternyata menyimpan pesona alam yang menakjubkan. Walaupun masih sepi, tempat wisata yang wajib dikunjungi ini, sekarang sudah banyak pengunjung yang penasaran untuk melihat hal menarik yang ada di dalamnya. Berikut ulasan mengenai Pulau Padar.

Pulau Padar Labuan Bajo merupakan sebuah pulau kosong di kawasan taman nasional komodo. Pulau ini adalah pulau ketiga terbesar di kawasan tersebut setelah pulau Komodo dan Pulau Rinca. Namun Pulau ini relatif lebih dekat dengan pulau Rica ketimbang Pulau Komodo yang dipisahkan oleh selat lintah.

Taman Nasional Komodo sendiri terletak di Kepulauan Sunda di Wilayah perbatasan antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Akses Menuju Pulau Padar Labuan Bajo
garuda ke labuan bajo

Dari pelabuhan di Kota Labuhan Bajo, letaknya cukup jauh dengan membutuhkan waktu sekitar 3,5 sampai 4 jam untuk mencapai tempat ini. Biasanya pengunjung menggunakan sarana speedboat atau feri. Perjalanan yang lumayan lama tidak akan merasa bosan karena disuguhi pemandangan gugusan pulau cantik yang sangat memanjakan mata. Untuk sampai ke puncak Bukit Pulau Padar harus menempuh perjalanan dengan Trekking selama kira – kira 15 menit.

Pulau ini bisa disebut sebagai pulau yang tak berpenghuni karena tidak ada satu bangunan disana. Ini membuat lokasi tersebut masih sangat sepi dan belum banyak di jangkau oleh manusia. Karena masih sepi udara di sekitar pun sangat sejuk.

Pemandangan alam yang ditawarkan sangat menakjubkan.Aktivitas wisatawan yang paling banyak adalah trekking untuk mencapai puncak bukit. Pulau ini tidak dihuni pulau komodo membuat wisatawan bebas menjelajahi pulau dengan aman.

Berada puncak bukit, para wisatawan akan disuguhi panorama indah dari bukit bukit yang berjejer dengan warna coklat yang mendominasi. Apalagi jika ditambah saat sampai puncak bertepatan waktu sunrise atau sunset. Pengunjung bisa berfoto-foto sambil istirahat setelah trekking yang lumayan melelahkan.

Untuk mencapai Puncak Padar memang harus melalui trekking. Perlu persiapan fisik dan mental yang kuat karena akan memakan banyak tenaga. Selain persiapan fisik dan mental, berikut beberapa tips agar perjalanan trekking ke puncak padar menjadi mudah dan nyaman:

1. Hati-hati Selama Perjalanan
Saat trekking jalur yang akan dilalui adalah jalur menanjak. Beberapa tanjakan bahkan ada yang sampai lebih dari 45 derajat. Apalagi tidak terdapat tangga atau tali pengaman di jalur menuju puncak Padar. Oleh karena itu sangat diharuskan untuk berhati-hati mengingat area yang sedikit kurang bersahabat.

2. Menggunakan Sepatu Khusus Mendaki
Jalur yang dilalui saat treking cukup licin, berbatu dan berdebu, bahkan berbatu. Jika salah memakai sepatu, kemungkinan jatuh karena terpeleset akan semakin besar. Jadi lebih baik gunakan sepatu khusus untuk mendaki.

3. Membawa Hiking Stick
Dengan membawa hiking stick atau tongkat hiking akan mempertahankan keseimbangan saat trakking. Mengingat jalan yang dilalui cukup terjal apalagi untuk pemula yang baru mencoba trakking.

4. Sediakan SunBlock, Payung Dan Topi
Jika perjalanan trakking dilakukan siang hari, maka saat itu panas matahari cukup menyengat. Pakai Sunblok ke bagian tubuh yang memungkinkan terkena sengatan matahari. Jika perlu gunakan topi atau payung sebagai pelindung tambahan.

5. Menggunakan Jasa Open Trip
Untuk Menuju Pulau Padar memang belum ada sarana transportasi umum. Lebih baik ikut jasa open trip yang tersedia. Pastikan paket tour memiliki tujuan ke Pulau padar.

Itulah beberapa ulasan Pulau Padar Labuan Bajo dengan aktivitas trekking yang terkenal disana. Semoga dapat menjadi Inspirasi untuk mecoba berlibur kesana.

Indah Wulandari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here