Travel Agen dari Amerika Promosikan Objek Wisata Sumbar

0
85

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi Erwin Umar bersama delegasi ASTA saat kunjungan ke Bukittinggi, selasa lalu.

BUKITTINGGI, Kabartravel.com – Sebelas perusahaan biro perjalanan asal Amerika Serikat melakukan kunjungan ke sejumlah objek wisata di Sumatra Barat. Program ini terkait dengan pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2019 sebanyak 20 juta orang.

Kesebelas travel agen AS ini antara lain mengunjungi objek wisata andalan di kota Bukittinggi, Kota Sawahlunto, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Pesisir Selatan. Kedatangan pengusaha biro perjalanan negara Paman Sam ini diantar langsung oleh Fungsional Diplomat, Direktorat Amerika I, Kementerian Luar Negeri RI, Dinie S.M.Arief.

Kedatangan rombongan di Kota wisata Bukittinggi, Selasa (7/5/2019) diterima Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kota Bukittinggi, Erwin Umar beserta kabid pariwisata ekonomi kreatif, kabid distinasi serta staf Parpora Kota Bukittinggi.

Dinie menjelaskan ke sebelas perusahaan biro perjalanan wisata yang berkunjung ke Sumatra Barat tersebut tergabung dalam American Society of Travel Advisors (ASTA).

Kunjungan anggota ASTA ini, jelas Dinie,  merupakan tindaklanjut dari program Pemerintah Indonesia untuk peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

Arus kunjungan wisman pada 2017 sempat anjlok tajam yakni hanya mencapai 344 ribu pengunjung. Tetapi pada 2019 ini ditargetkan naik menjadi 20 juta orang.

Menurut Dinie,  dia sangat yakin target itu bisa tercapai sebab potensi pariwisata Indonesia terbukti mendapatkan perhatian dunia sehingga tercapai  transaksi perjalanan wisata di tahun 2018 lalu sebesar 160 ribu dolar Amerika Serikat.

Dinie mengharapkan sekembalinya mereka ke Amerika, rombongan ini bisa memasarkan paket wisata dan tour ke Provinsi Sumatera Barat.

Selain ke Indonesia, kata Dinie,  rombongan travel agent AS ini juga berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur dan Bali.

Sementara itu salah seorang agent travel anggota ASTA, Jesse Guerra, Direktur Paseo Travel & Tour California, yang juga pemilik Astro Tours INC Amerika Serikat, menyebutkan sangat terkesan dengan potensi objek wisata di Sumatra Barat dan Bukittinggi.

Untuk itu,  katanya, dia akan datang kembali lagi ke Kota Bukittinggi dengan membawa wisatawan Amerika Serikat. Namun, pihaknya belum dapat memberikan estimasi angka kunjungan pelancong yang akan diterbangkan ke daerah ini.

Tetapi dia melihat antusiasme kawan kawannya setelah mengunjungi sejumlah objek wisata andalan di empat kota dan kabupaten di Sumbar tersebut. Hal ini sangat berpengaruh terhadap keputusan mereka membawa turis asal AS ke Sumbar dan Bukittinggi.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi, Erwin Umar menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kedatangan rombongan agent travel dari Amerika Serikat bersama Fungsional Diplomat, Direktorat Amerika I, Kementerian Luar Negeri RI.

Menurut Erwin,  Kota Bukittinggi yang mempunyai objek wisata alam yang didukung oleh udara sejuk dan asri, sudah siap untuk dipromosikan agent travel dari Amerika Serikat tersebut.

“Kita sudah siap menerima kunjungan wisatawan mancanegara. Sebab fasilitas hunian yang dimiliki sudah bertaraf internasional,” ujar Erwin Umar. (awe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here