Pulau Pasir di Pulau Leebong, Belitung. Asyiknya bermain dengan Bintang Laut. Pulau Pasir ini akan tenggelam jika air laut pasang (Foto Dokumentasi Elga Agustin Ben / kabartravel.com)

KABARTRAVEL.COM – Objek wisata menakjubkan di negeri laskar pelangi, Belitung seakan tak ada habisnya. Satu lagi objek wisata di Belitung yang baru dan sedang hits dan layak anda kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan dengan kedamaian dan ketenangan. Adalah Pulau Leebong namanya.

Meski belum setenar pulau-pulau lain di Belitung seperti pulau lengkuas, pulau burung dan pulau kepayang namun keindahan pulau ini sangat mengagumkan. Buka hanya pulau dan pantai tapi pulau Leebong sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan sarana hiburan yang siap memanjakan anda.

Bagi anda yang mendambakan suasana liburan yang tenang, jauh dari hiruk-pikuk kebisingan dan rutinitas kota inilah destinasi yang paling tepat untuk Anda bila ingin tour ke Belitung.

10 Daya Tarik Pulau Leebong, Belitung

Ada banyak hal menari dipulau ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pulau Gusong : pulau ini merupakan sebuah gugusan pasir putih dan halus selembut tepung terigu. Pulau pasir ini akan lenyap saat air laut sedang pasang. Pulau Gusong yang terdapat di dekat pulau Leebong ini dikelola dengan sangat baik.

Meski terapung ditengah laut dan diapit pulau-pulau kecil disekitarnya pengelola sudah menyediakan rumah apung didekat pulau Gusong ini. Anda bisa berteduh dan berfoto sepuasnya di sini. Selain itu bisa juga bersantai dan memesan kelapa muda. Duh, sungguh menyenangkan bukan.

Ditengah pulau kecil ini anda bisa berfoto dan berayun pada sebuah ayunan yang disediakan pengelola pulau. Ayunan dari kayu ini tepat ditengah pulau dan sangat menarik untuk dijadikan latar foto liburan Anda.

Anda juga bisa berjalan menyusuri lembutnya pasir, mandi dan berenang disekeliling pulau sambil mencari bintang laut untuk dijadikan objek foto. Lautnya dangkal dengan ombak yang juga cukup tenang.

2. Hutan Mangrove : Tiba di pulau Leebong anda akan disuguhi pemandangan hutan mangrove di sepanjang sisi pelabuhan. Hutan mangrove ditempat ini masih sangat terjaga dan mungkin salah satu yang paling menarik di Belitung. Dari tempat ini anda hanya perlu berjalan sekitar 300 meter ke pusat kegiatan pantai yang terdiri atas rumah-rumah kayu beratap daun, khas suasana pulau.

3. Rumah Pohon : ditengah pulau leebong telah dibangun beberapa rumah pohon. Rumah-rumah pohon ini dibuat menyatu dengan pohon yang ada ditengah pulau.nsangat sejum dan cocok untuk anda yang ingin menghabiskan watu dengan damai sambil melihat keindahan pantai.

4. Water sport : didepan front office dan restoran terdapat berbagai pilihan wahana permainan air yang bisa anda gunakan. Anda bisa mencoba Kayak, Bana Boat, Jetsky, atau berbaring disebuah ayunan dibibir pantai. Keceriaan liburan anda akan sempurna karena pantai disini juga bersih. Jadi anda bisa mandi sepuasnya. Pasir pantainya juga lembut.

Dalam paket wisata ke pulau Leebong anda sudah bisa menggunakan berbagai wahana watersport (kecuali jetsky) secara gratis.

5. Tracking di dalam Pulau : pengelola pulau juga menyediakan sepeda untuk anda yang ingin berkeliling pulau. Ditengah pulau terdapat sebuah tracking yang aman dan sangat teduh. Suasana tenang berada ditengah hutan kecil yang terdapat ditengah pulau akan memberikan pengalaman mengesankan untuk anda.

Anda juga bisa menikmati pantai dengan suasana yang berbeda disalah satu sisi pulau dengan berjalanan menggunakan sepeda ini. Pantainya ini sangat beraih, dan memiliki pasir pantai landai yang cukup luas. Sangat cocok untuk tempat berfoto atau sekedar duduk santai setelah kecapean bersepeda ditengah pulau.

6. Pantai Yang Menawan : karena pulau Leebong tidak terlalu luas jadi banyak area pantai cantik yang bisa anda nikmati. Tepat di punti / dermaga kecil saat anda tiba juga ada pantai yang sangat menyenangkan untuk dinikmati pada sore hari. Karena disini selain dermaga juga ada kursi untuk bersantai. Sunset kuning keemasan bisa anda nikmati dengan dramatis dari atas dermaga pulau Leebong ini.

Pantai kedua terdapat disisi depan pulau atau persis didepan restoran dan villa serta rumah pohon berada. Dipantai inilah anda bisa mandi sepuasnya atau menghabiskan waktu dengan berbagai wahana perminan yang disediakan.

Pantai ini juga menjadi pemandangan utama saat anda menikmati makan siang atau dinner serta menginap di villa, barak / cottage yang tersedia dipulau Leebong.

7. Fasilitas Yang Lengkap : pulau Leebong sudah dikelola dengan sangat baik oleh sebuah perusahaan swasta. Jadi hingga kini sudah banyak fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola baik fasilitas umum seperti toilet, tempat bilas, dermaga yang cantik, berbagai wahana permainan air hingga tempat olahraga.

Selain itu fasilitas lain yang juga menarik adalah tersedianya rumah-rumah pohon, villa, cottage, camp/barak untuk anda yang ingin menginap, serta restorant yang menyediakan aneka makanan lezat. Sepeda santai disediakan gratis untuk anda yang ingin bersantai.

8. Camp hingga Villa untuk Anda : meski hanya sebuah pulau kecil, anda bisa menginap juga loh di pulau Leebong. Berbagai jenis akomodasi disini bahkan bisa disesuikan sendiri dengan keinginan dan budged yang anda siapkan.

Anda bisa menginap di villa 2 lantai dengan fasilitas yang nyaman dan tenang. Atau bisa juga di cottage bersama teman-teman atau keluarga kecil anda. Dan yang paling seru disini juga menyediakan camp dengan tenda tapi sangat nyaman untuk digunakan ramai-ramai bersama teman-teman liburan anda.

Harganya sangat bersahabat. Nah, dimalam hari anda juga bisa menikmati api unggun dan dinner spesial dipulau ini.

9. Mudah di Jangkau : untuk tour ke pulau leebong anda cukup berkendara sekitar 1 jam dari Bandara di Tanjungpandan. Kemudian anda harus menyewa boat tradisional untuk berlayar darinpelabuhan Tanjungru menuju ke pulau Leebong sekitar 30 menit. Ombaknya cukup tenang kecualinpada musim tertentu.

Anda bisa ikuti one day trip ke Leebong. Namun agar lebih mengesankan kami menyarankan anda untuk mengikuti atau menggunakan program liburan paket wisata pulau leebong Belitung dari kami.

Jadi anda tak perlu pusing-pusing lagi memesan berbagai fasilitas serta rencana perjalanan liburan di pulau leebong dan Belitung.

10. Suasana Yang Tenang : salah satu daya tarik tempat ini adalah suasananya yang nyaman, tenang, damai dan menentramkan. Untuk anda yang mendambakan privasi lebih, pulau ini sangat tepat sebagai pilihan liburan anda.

Berlibur di pulau Leebong akan membuat anda berasa liburan di pulau pribdi lengkap dengan segala fasilitasnya.

Anda bebas berfoto diberbagai sudut cantik dan mengagumkan di pulau, memesan makanan lezat bilamperut terasa lapar, ngopi dan menuman dingin bisa anda nikmati dengan tenang di atas rumah pohon, dan anda juga bisa menginap dan menghabiskan waktu liburan dengan kesan lebih serta jauh dari kebisingan.

Meski pulau ini kecil dan mungkin terpencil tapi anda tak perlu khawatir akan keamanan dan kenyamannya. Tak ada nyamuk atau hewan berbahaya yang akan mengganggu liburan anda di pulau leebong. Semua memang sudah dikonsep dengan matang oleh pihak pengelola pulau ini.

Terakhir, Di daerah sekitar Pulau Leebong, terdapat pulau-pulau lain yang tidak terlalu jauh seperti Pulau Rengit 15 -20 menit, Pulau Mentarak 20 menit, Pulau Ruk 20 menit, Pulau Betangan 15 – 20 menit, Pulau Baguk, Pulau Mengkokong, Pulau Pasir. Pulau Pasir ini unik. Tenggelam jika air laut pasang, dan di pulau ini anda bisa bercengrama dengan Bintang Laut.

Jadi, kapan anda berencana untuk liburan dengan penuh ketenangan di pulau Leebong yang keren ini?

Editor : Elga Agustin Ben

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here