TOMOHON, kabartravel.com – Dalam rangka mempromosikan pariwisata di Kota Tomohon, yang juga dikenal sebagai Kota Bunga, pemerintah tak henti-hentinya menggali berbagai potensi baik dengan melestarikan tari-tarian maupun alat musik khas daerah.

Menyikapi hal itu Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Tomohon menyelenggarakan sebuah festival yang bertajuk Pesta Kolintang Tomohon 2019 di bilangan Stadion Babe Palar Rabu (25/9/2019).

“Jadi kegiatan tadi adalah launching Pesta Kolintang Tomohon 2019 sebagai Platform Indonesiana, yang bertujuan membangun ekosistem kebudayaan”. Beber Dr. Juliana D Karwur M.Kes, M.Si Kadis Pendidikan kepada pewarta.

Hal senada dikatakan Sekretaris Kota Tomohon Ir. Harold Lolowang MSc, yang menurutnya acara itu merupakan wujud pemajuan kebudayaan khususnya pelestarian musik kolintang.

“Kiranya rakyat Tomohon, terutama generasi muda dapat menjaga kolintang untuk tetap lestari”. ujar Sekot.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Toar Pandeirot SPd, MM menyatakan, saat ini Pemkot Tomohon tengah berupaya menggali serta melestarikan segala potensi budaya yang ada.

“Selain iven TIFF, kami terus melakukan pelestarian budaya agar semakin menarik para wisatawan berkunjung di daerah ini. Dan bukan itu saja, kebudayaan adalah peninggalan leluhur yang tentunya harus kita jaga bersama”. kata Toar.

Pada pagelaran musik kolintang yang dipentaskan puluhan murid sekolah dasar tersebut, mendapat aplus baik dari seluruh undangan maupun masyarakat yang turut menyaksikan penampilan mereka. (Handry).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here