Pesona Teluk Prancis Kutai Timur (Foto: Ist)

Jakarta, Kabartravel.com – Kutai Timur, Kalimantan memiliki potensi wisata yang cukup beragam dan menarik untuk dikembangkan. Salah satunya adalah wisata Teluk Prancis. Pemerintah setempat saat ini tengah mengembangkan objek tersebut, dengan prinsip, ‘membangun potensi wisata Kutai Timur dengan tetap mengedepankan konservasi alam.

Seperti yang disampaikan Rustam Effendi Lubis, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Kab. Kutai Timur lewat siaran pers kepada kabartravel.com Tujuan pengembangan potensi wisata tersebut adalah  untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar objek yang dikembangkan..

Hal ini disampaikan RE Lubis pada seminar rencana penyusunan DED pariwisata Kutai Timur, di hotel Royal Victory, Sangatta, Kutai Timur. Pengembangan potensi wisata tersebut punya prinsip berwawasan lingkungan, peningkatan ekonomi, peningkatan PAD dan menyediakan lapangan pekerjaan serta tempat hiburan bagi masyarakat Kutai Timur dan sekitarnya.

Program ini dalam kerangka kerjasama lembaga Adat Besar Kutai Timur (Kutim), Kelurahan Singa Geweh, Paguyuban Adat, Pemerintah daerah bersama Balai TNK dan pengelolalaan program CSR Perusahaan.

Program pengembangan potensi wisata tersebut adalah partisipasi dalam menjaga ekosistem kawasan Taman Nasional Kutai di wilayah kelurahan Singa Geweh khususnya. Kerjasama antara kelurahan Singa Geweh, lembaga adat besar Kutim, balai TNK dan Perusahaan dalam pengelolaan program CSR berfokus pada pengembangan pariwisata. Membangun potensi ekonomi dari keragaman destinasi wisata Kab. Kutai timur.

Potensi Teluk Prancis sebagai destinasi potensial untuk pengembangan wisata. Keragaman ekosistem yang ada di Wilayah Taman Nasional Kutai untuk dijaga kelestariannya.

Serta peningkatan potensi ekonomi bagi masyarakat kelurahan Singa Geweh khususnya dan Kabupaten Kutai Timur umumnya.

Sementara itu, pengembangan potensi wisata Teluk Prancis bertujuan untuk menciptakan obyek wisata Teluk Prancis yang nyaman, aman, sejuk, indah, bersih, menarik, damai, menyenangkan, berwawasan lingkungan dan menjadi kenangan indah bagi wisatawan.

Sementara itu, untuk masyarakat sekitar, mampu mewujudkan kesadaran pariwisata di masyarakat menuju pengembangan pariwisata berbasis konservasi. Mewujudkan pelayanan dan pengelolaan Obyek Wisata Teluk Prancis yang profesional.

Selanjutnya mewujudkan hubungan diantara seluruh element-element masyarakat yang ada dilingkungan obyek Wisata Teluk Prancis. Melestarikan asset budaya, menggali dan mengembangkan potensi dengan inovasi baru, serta menyelenggarakan event-event di Obyek Wisata Teluk Prancis.

Lebih jauh Lubis menyampaikan. Pengembangan potensi wisata tersebut, harus menjaga adat, budaya dan nilai kearifan lokal sebagai paket utama dalam kegiatan kepariwisataan di obyek wisata Teluk Prancis. Selanjutnya mampu manjaga kelestarian lingkungan di Obyek Wisata Teluk Prancis dengan penerapan sapta pesona di kehidupan masyarakat. (*/Wisja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here