LIMAPULUH KOTA, Kabartravel.com
Dalam waktu dekat ivent seni dan budaya akan di gelar di Kabupaten Limapuluh Kota. Ivent tersebut sekaligus menyemarakan hari jadi Kabupaten Limapuluh Kota ke-176. Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengatakan, sesuai rencana pada tahun 2017 ini, panitia pelaksana telah menyiapkan tiga rangkain acara seni dan budaya. kegiatan ini bertujuan sebagai ajang promosi wisata. Direncanakan akan dilaksanakan pada bulan April 2017. Ivent itu diantaranya, Pekan Budaya dan Kemilau Lembah Harau.

“Ini merupakan ajang promosi destinasi wisata Sumatera Barat khususnya Kabupaten Limapuluh Kota yang banyak memiliki objek. Untuk itu kami mohon dukungan semua pihak agar acara ini terlaksana dengan baik,” ujar Bupati ketika dihubungi Kabartravel.com, Senin (3/4).

Dijelaskannya, Pada Pekan Budaya yang digelar pada pertengahan April mendatang akan menampilkan berbagai pagelaran budaya, seni, serta menyuguhkan produk unggulan daerah, sekaligus ajang promosi produk lokal milik Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asal Limapuluh Kota.

“Bakal lebih menarik dari sebelumnya. Ini merupakan salah satu program mengembangkan potensi wisata lembah Harau. Diharapkan, memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pariwisata dan ekonomian masyarakat Limapuluh Kota, khususnya Nagari Harau,” ungkap Irfendi Arbi.

Pasa Harau Art & Culture

Selain Pekan budaya, pada bulan Agustus mendatang juga digelar Pasa Harau dan Kemilau Lembah Harau, pada kegiatan yang digagas komunitas Harau ini, turis manca Negara dan turis lokal akan menyaksikan berbagai macam seni tradisi minangkabau.

Anggota Dewan Festival Pasa Harau Art & Culture, Yusra Maiza mengatakan, Seluruh persiapan promosi serta proporsi kepanitian sudah rampung. Dalam kegiatan ini, pengunjung Pasa Harau nantinya bakal merasakan dahsyatnya bermukim dan berkampung halaman di Lembah Harau. Pasalnya, selama Tiga hari Dua malam pengunjung bakal disuguhkan berbagai rangkaian acara dan menu makan terbaik di Lembah Harau.

Diantaranya, kegiatan pacu jawi, pacu itiak, pacu cakau baluik (tangkap belut) dan berburu hama babi yang menjadi ajang olahraga khas masyarakat Minang. Pengunjung nantinya bakal menjadi bagian dari permainan rakyat.

Bagi penikmat musik juga bakal diadakan panggung Haraukustik yang akan menaghadirkan grup-grup temporer, bagi pengunjung penyuka alam panitia juga bakal menggelar kegiatan trecking, panjat tebing dan tour keliling lembah harau.” Penasaran dengan kegitan kegiatan ini, datang saja pada acara Pasa harau yang akan dihelat 25-27 Agustus mendatang, bakal ada kegiatan kegiatan menarik lainya,” Kata Yusra.

Yusra menambahkan, pihak panitia juga menyediakan area camping untuk pengunjung yang ingin merasakan keasrian, udara Lembah Harau. “Ada area camping juga, pengunjung dapat merasakan dekat dengan alam indah dikelilingi batu cadas yang sering digunakan oleh para pecinta panjat tebing nasional maupun internasional,” Pungkasnya.

Editor: Rino Chandra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here