Tanah Longih,Kabartravel.com,- Tanah Longih merupakan salah satu jorong yang berada di perbukitan Nagari Sungai Rimbang Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar). Dengan jarak lebih kurang 22 KM dari pusat Kota Payakumbuh.

Jorong tersebut memiliki bukti peradaban manusia pertama. Ada beberapa Batu Menhir terpanjang sekitar 14 meter (7 meter dalam tanah dan 7 meter diatas tanah). Menhir merupakan saksi bisu peradaban manusia yang hidup di jaman Sebelum Masehi. Melihat dari Menhir tersebut masih berbentuk sederhana, tidak memuat tulisan atau lukisan layaknya seperti beberapa Menhir yang ada di Limapuluh Kota. Dapat dipastikan Menhir tersebut dibuat oleh orang yang belum memiliki kreatifitas yang tinggi. Artinya Menhir tersebut diyakini berusia sekitar 1500 SM.

Keberadaan Menhir ini, tentu dapat menjadi salah satu destinasi sejarah yang ada di Limapuluh Kota Propinsi Sumatera Barat bagi para ilmuwan yang hobi dengan sejarah peradaban manusia.

“Kita dari Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sungai Rimbang bersama masyarakat setempat akan terus menata keberadaan Menhir tersebut agar dapat di nikmati para pengunjung dan ilmuwan yang haus akan sejarah peradaban manusia”, kata Wendi Chandra Dt. Marajo Ketua KAN Sungai Rimbang.

“Menhir tersebut berada dalam ladang Dt. Ngandua, salah satu Niniak Mamak di Kebalaian Asam Panjang Sungai Rimbang”, tambah Dt. Marajo.

Editor: Wendi Chandra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here