GUNUNGKIDUL, kabartravel.com
Pariwisata Gunungkidul yang berkembang pesat harus di barengi dengan pelayanan dan fasilitas yang mumpuni, sehingga dapat membuat nyaman para wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul.

Hal ini di sampaikan ketua umum ikatan keluarga Gunungkidul (IKG) Drs Eddy Sukirman M.M beserta rombongan saat berkunjung ke tiga tempat wisata yaitu Gunung Gambar di Kecamatan Ngawen dan obyek wisata Embung Batara Sriten dan situs purbakala Sokoliman di Kecamatan Karangmojo. Eddy mengatakan selain fasilitas yang harus di bangun sumberdaya manusianya pun harus memiliki kemampuan sebagai pemandu wisata.

“Semua ini sangat menakjubkan, namun harus adannya pengelolaan yang serius dan terkoordinasi sehingga dapat menjadikan dampak domino kepada masyarakat, seperti masyarakat lokal yang sudah bisa memandu para wisatawan yang datang,” ungkap Eddy.

Ia juga mengatakan banyaknya obyek wisata di Gunungkidul sehingga pemerintah harus dapat melakukan klasifikasi, karena dari klasifikasi itu kita dapat menentukan wisatawan seperti apa yang akan kita datangkan ke obyek wisata Gunungkidul.

“Harus ada pendalaman atau klasifikasi, mana obyek wisata sejarah, wisata alam atau wisata minat khusus. Sehingga setelah di klasifikasi maka kita bisa menentukan pangsa pasar kita, kita mau tawarkan kemana obyek wisata kita ini. kalo tempat wisata alam mungkin bisa masuk ke semua lapisan tapi buat obyek wisata yang sejarah seperti di Sokoliman bagaimana, kan harus ada pendalaman materi terhadap obyek wisata sejarahnya, sehingga wisatawan tidak hanya berkunjung namun mendapatkan suatu informasi yang penting dari kunjungannya itu,” katanya.

Ia juga menambahkan dengan kunjungan kerjanya sebagai ketua umum IKG ke obyek wisata Gunungkidul untuk melihat secara rinci, sehingga IKG sebagai paguyuban masyarakat Gunungkidul yang tinggal di perantauan dapat membatu pemerintah kabupaten untuk melakukan promosi kepada masyarakat luas.

“IKG fungsinya sebagai stakeholder yang membatu pemerintah kabupaten dalam memasarkan obyek wisata Gunungkidul,” imbuhnya.

Ikatan Keluarga Gunungkidul yang saat ini genap berusia 49 tahun ini ingin lebih memberikan sumbangsihnya kepada Kabupaten Gunungkidul yang notabene tanah kelahiran.

(WAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here