Dua Tempat Ini Patut Kamu Kunjungi Jika Berwisata ke Lembah Harau

0
136

LIMAPULUH KOTA, Lembah Harau merupakan objek wisata yang sangat eksotic untuk dikunjungi, terutama ketika momen hari libur bersama kerabat dan keluarga. Selain menyuguhkan indahnya pemandangan alam yang dihiasi berjejer batu granit, ada banyak air terjun indah setinggi lebih 100 meter.

Lembah dengan gunung berbatu cadas itu juga dilalui empat buah sungai bebatuan dengan suasana hutan asri yang siap memanjakan mata Anda. Lembah Harau merupakan lembah yang subur, terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Pagar tebing cadas yang curam dan lurus berwarna kemerah-merahan tegak mengelilingi lembah, begitu menawan untuk dipandang dan sempurna dalam rekaman foto. Lembah Harau terletak sekitar 138 km dari Kota Padang dan sekitar 47 km dari Bukittinggi atau sekitar 18 km dari Kota Payakumbuh dan 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota.

Belakangan ini, netizen alias pengguna media sosial mulai dari Facebook (FB), Instagram (IG) hingga twitter mulai ramai dibanjiri oleh foto-foto para penikmat wisata, yang mengabadikan foto mereka di beberapa lokasi baru di Lembah Harau.

Selain tiga air terjun yang sudah booming, diantaranya air terjun Aka Barayun, Sarasah Bunta dan Sarasah Murai, kini ada dua tempat baru yang perlu Kamu kunjungi, jika ingin mengambil angel foto di kawasan Lembah Harau. Berikut dua lokasi baru tersebut kami rangkum:

1. Air Terjun Sarasah Tanggo
Air Terjun Sarasah Tanggo adalah salah satu air terjun yang tingginya melebihi 100 meter di kawasan Nagari Tarantang, Harau. Air terjun Sarasah Tanggo tidak jauh berbeda dengan tiga air terjun yang ada di Lembah Harau. Namun, Sarasah Tanggo lebih terlihat alami dan belum terlalu banyak terjamah manusia karena berada di dalam hutan yang asri.

Air terjun Sarasah Tanggo mengalir melewati jenjang-jenjang dinding batu yang asri. Ada kepercayaan mandi atau membasuh muka di sini, dapat mengobati jerawat dan muka akan terlihat cantik dan awet muda.

2. Grand House “Bilza”
Disamping keindahan Batu Granit yang ramai diidolakan para wisatawan sebagai sarana olahraga panjat tebing, di Lembah Harau kini juga hadir sebuah resort atau grand house yang menyajikan keasrian alam. Layaknya objek wisata alam di Kota Bandung, sebuah pondok bunga bernama grand house “Bilza” telah hadir di Lembah Harau.

Ibarat namanya, grand house Bilza lebih menyajikan keasrian pemandangan alam serta rumah hijau dengan berbagai tanaman bunga. Arsitektur taman bernuansa grand house, milik dua pengusaha asal Pilubang dan Tarantang, Harau ini, sangat cocok sebagai tempat rekreasi bersama keluarga dan karib kerabat.

Grand haouse Bilza seluas kurang lebih 1 hektar itu dilengkapi beberapa tempat lesehan, serta homestay yang bisa disewa buat menginap. Taman bunga yang didesign moderen, juga dilengkapi sebuah jembatan gantung memakai bambu, kini menjadi objek tempat berfoto atau selfie dengan latar pemandangan Lembah Harau.

Dua owner grand house “Bilza” kepada kabartravel.com mengaku, mereka sengaja merancang rumah hijau, karena tertarik mengembangkan potensi wisata Lembah Harau. “Kita ingin mengembangkan konsep wisata, dengan keasrian alam yang hijau dan asri, di Limapuluh Kota ini,” sebut Yanuar, didampingi Rika Sunelti, rekan bisnis penggagas konsep Grand House Bilza, ketika diwawancara di Lembah Harau.

Pawarta: King RY
Editor: Rino Chandra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here