Kabartravel.com – Selain persembahan keindahan alam dan kuliner, daerah ini memiliki permainan yang cukup unik dan patut diminati. Bahkan pengunjungpun dapat mencoba langsung berdiri di garis star dengan mengangkat satu ekor hewan jenis unggas. Berbeda dengan suguhan permainan anak negeri lainnya. Pacu Itik Terbang begitu nama yang dilekatkan penduduk setempat. Hal ini suatu suguhan yang menarik dari Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota (Luak Limopuluah), Propinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kegiatan tersebut sering dilakukan di beberapa Nagari (Desa Adat) dan dikemas pada acara-acara tertentu saja. Belum ada kalender wisata khusus yang dibuat oleh pemerintah setempat. namun permainan ini dapat dilihat pada ivent tertentu seperti hari jadi daerah setempat atau dalam penyambutan tamu kenegaraan. Jadi musti banyak cari informasi kapan kegiatan ini ada.

Tidak sembarangan, untuk diperlombakan merupakan itik yang sudah terlatih dan mampu terbang sejauh 2 Kilometer. Biasanya pada perlombaan tersebut terdapat tiga tingkatan jarak yang dilombakan,yaitu 800 meter,1600 meter dan 2000 meter. Pemenang ditentukan dengan itik yang terbang lurus dan pertama mencapai garis finish.

Selain pacu kuda, pacu itik terbang juga mampu menonjolkan budaya lokal Luak Limopuluah untuk menarik wisatawan lokal maupun asing. kegiatan ini jarang dijumpai didaerah lain di Indonesia. Ingin tau bagaimana itik balapan dan beratraksi di udara, jangan sungkan untuk berkunjung ke Sumbar. Daerah yang kental dengan adat budaya ini begitu banyak menyuguhkan keindahan.

Editor: Rino Chandra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here