Gunung Mas, Kabartravel.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Perikanan berserta dengan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Gumas, berkomitmen untuk dapat meningkatkan kembali kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan, pada Jum’at, 09/08/2019.

“Ini sudah menjadi tugas kita bersama dalam menyadarkan masyarakat daerah kita dalam meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan sebagai menu keluarga sehari-hari, terkhusus juga untuk anak-anak,” jelas Ketua TP-PKK Gumas Mimie Mariatie Jaya S. Monong,

Dia menegaskan, peran seorang ibu tentunya berpengaruh cukup besar dalam peningkatan konsumsi ikan pada sebuah keluarga. Kedepan peran ibu diharapkan harus dapat membangun kesadaran gizi pada anak, sehingga gemar mengkonsumsi ikan dan dapat meningkatkan fungsi otak untuk perkembangan pola pikir.

“Upaya peningkatan konsumsi ikan tidak hanya menjadi tugas instansi teknis saja, akan tetapi juga menjadi tugas bersama dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kita di daerah ini. Jangan sampai dengan Sumber Daya Alam atau ketersediaan ikan di daerah tidak kita maksimalkan, seperti adanya pasokan ikan di alam,” ungkapnya.

Di lain pihak, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gumas Trinayati mengatakan, banyak metode dalam menyebarluaskan informasi tentang kandungan dan manfaat ikan sebagai sumber kesehatan dan kecerdasan anak, mendorong anak-anak untuk menggemari mengkonsumsi ikan sejak dini.

Salah satunya cara meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memasak menu keluarga berbahan baku ikan, memperkenalkan ragam menu dan masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas, serta mendukung pemanfaatan sumber daya ikan yang berkedaulatan dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Salah satu cara kita dalam memperkenalkan ataupun meningkatkan motivasi para ibu-ibu dalam mengolah masakan ikan dengan mengadakan lomba-lomba memasak, agar para ibu bisa memperkenalkan kembali ke lingkungan dan terutama memperhatikan keluarganya masing-masing dalam kebutuhan konsumsi ikan,” pungkasnya.

Eman Supriyadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here