Lamang Tapai Sajian Berbuka Puasa Khas Padang

0
67

PADANG, Kabartravel.com– Selain terkenal dengan rendangnya, Sumatera Barat (Sumbar), yang popular dengan sebutan Padang dalam berbagai hal, seperti masakan Padang, Padang juga memiliki beragam menu berbuka puasa yang tak kalah nikmatnya.

Salah satunya adalah Lamang Tapai.
Penganan tradisional yang terbuat dari ketan yang diberi kuah tapai ketan hitam atau disebut ” Lamang Tapai ” masih diminati warga kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) di tengah semaraknya makanan cepat saji. Menu makanan yang identik pada bulan ramadan ini memang sering kali pilihan menu primadona disaat berbuka puasa.

Makanan khas Padang ini terbuat dari ketan putih yang dibakar dan disajikan lengkap dengan tapai yang terbuat dari ketan hitam. Proses pembuatan Lamang Tapai ini sangat tradisional dan unik.

Untuk membuat lamang, Anda memerlukan sebilah ruas bambu muda. Setelah dicuci, beras ketan putih dicampuri santan kelapa dan daun pandan serta diberi sedikit garam, beras lalu dimasukkan ke ruas bambu muda yang bagian dalamnya terlebih dahulu dilapisi daun pisang. Kemudian, dituangkan santan ke dalamnya, lalu dibakar. Membakarnya mesti hati-hati agar tidak sampai ruas bambu terbakar.

Untuk kuahnya, ada tapai yang terbuat dari ketan hitam yang dikukus. Lalu taburi ragi yang telah dihancurkan hingga jadi bubuk. Ditutup dengan daun pisang. Didiamkan selama tiga hari di tempat yang kering, lalu jadilah tapai ketan hitam. Lamang terasa lezat dan manis, bercampur sedikit rasa asam. Lamang tapai ini juga mengeluarkan aroma khas, menggugah selera untuk berbuka.

Sebenarnya jajanan pasar ini tidak hanya terdapat di Sumatera Barat, tapi juga di daerah timur Indonesia lemang dikenal dengan nama nasi ketan bambu. Bedanya, bagi masyarakat minang, lemang disantap dengan tapai ketan hitam, sedangkan di daerah lain memiliki campuran tersendiri. Lamang Tapai biasanya banyak ditemukan ketika bulan Ramadhan tiba.
Lamang tapai banyak disajikan di rumah-rumah masyarakat minangkabau sebagai salah satu menu berbuka puasa. Selain banyak dijumpai di bulan puasa, lamang tapai juga sering ditemukan saat hari-hari besar agama, dan perayaan adat masyarakat setempat. Makanan ini dapat anda temui di beberapa pasar tradisional Sumatera Barat. Seperti di Kabupaten Batusangkar, Payakumbuh, Bukittinggi, dan Kota Padang.

(Wisja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here