Lahung, Durian Langka Belantara Kalimantan

0
57

(foto: Erik Wirawan/kabartravel.com)

Kabartravel.com – Buah Durian ini dikenal dengan nama buah Lahung, sejenis dengan Durian dengan nama latin Durio Dulcis. Beda dengan Durian yang lain, Lahung memiliki kulit luar berwarna merah dengan duri yang lebih panjang serta kulit yg lebih keras dan tebal.

Pada saat kabartravel.com berkunjung ke kampung adat suku Dayak Iban di Sui Utik, Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, orang-orang di daerah ini selalu membelah buah ini dengan parang. Ciri khas lain buah Lahung dibanding buah Durian pada umumnya adalah aromanya kuat dan daging buahnya yang tipis namun rasanya lebih enak dibandingkan dengan durian lain.

Buah Lahung merupakan edemik yg tumbuh di pulau Kalimantan. Namun sekarang buah Lahung di beberapa daerah di Kalimantan cukup sulit untuk di cari, mungkin sudah jarang orang membudidayakannya karena dengan daging buah yang tipis tersebut dinilai tidak ekonomis untuk dijual. Dan bisa jadi masa panen sebuah pohon Lahung bisa cukup lama sampai pertama kali berbuah. Maka di sebagian daerah, pohon buah Lahung justru ditanam untuk kemudian ditebang dan digunakan kayunya, karena kayu pohon Lahung juga memiliki kualitas yang baik.

Namun buah Lahung ini akan mudah anda temukan di wilayah masyarakat adat dayak Iban Sui Utik, asalkan anda mau masuk hutan.

Editor: Erik Wirawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here