JAKARTA, kabartravel.com – Mi ayam, merupakan salah satu makanan yang selalu menjadi idola di semua kalangan. Selalu dicari oleh banyak orang selain nasi goreng. Dapat dikatakan mi ayam sudah menjadi soulmate dengan lidah dan perut orang Indonesia.

Anda dapat menemukan makanan ini dengan mudah, khususnya di Jakarta. Mulai dari yang berjualan di gerobak hingga restoran bintang lima. Hampir semua menyediakan menu mi dengan topping ayam.

Kali ini, BigDish akan merekomendasikan mi ayam yang dijual di gerobak, tetapi dengan rasa yang tidak kalah dengan restoran bintang lima.

1. Mi Ayam Cikini

Sesuai dengan namanya, mi ayam cikini, ini terletak tepat di depan Rumah Sakit Cikini yaitu di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat.

Mi yang selalu ramai akan pengunjung ini buka dari jam 7.30 pagi hingga porsi mi ayam yang disediakan habis. Paling lama, mi ayam ini hanya sampai jam 3 sore.

Selain ramai oleh pengunjung rumah sakit, mi ayam ini juga ramai dengan para karyawan hingga para mahasiswa. Pagi hari banyak karyawan yang menyempatkan diri untuk membungkus mi ayam sebagai sarapan di kantor.

Terdapat dua jenis mi ayam, yaitu mi ayam kuah dan mi ayam yamin. Mi ayam kuah sama seperti mi ayam biasanya, berisikan pangsit rebus dan potongan ayam. Sedangkan untuk mi yamin, menggunakan manis dan kuah dari potongan ayam sehingga warnanya lebih coklat dibandingan dengan mi ayam kuah.

Mi ayam ini dibanderol dengan harga Rp 10.000 per porsi. Apabila anda kurang puas dengan satu porsi, tetapi terlalu banyak apabila memakan dua porsi anda bisa meminta untuk dibuatkan satu setengah porsi mi ayam ini. Di tempat ini hanya disediakan pangsit rebus.

2. Mi Gerus Pulomas

Mi ayam ditambah dengan puluhan cabai rawit, cocok untuk anda para pecinta makanan pedas. Cabai rawit yang sudah digerus atau ditumbuk sebelumnya dicampurkan dengan bumbu mi ayam tersebut, kemudian dicampur dengan mi, ayam serta kuah kaldu dari ayam tersebut.

Banyak cabai rawit yang digunakan dapat anda tentukan kadarnya. Anda dapat meminta tingkat kepedasan sedikit, sedang ataupun pedas.

Selain cabai rawit, mi ayam ini juga memberikan topping pangsit rebus dan pangsit goreng. Anda bisa memesan pangsit rebus dalam bentuk porsian yang berisikan 5 pangsit rebus satu porsinya.

Terletak persis di antara sekolah Don Bosco Pulomas dan SDN 09 Pagi Pulomas Jakarta Timur, mi ayam rawit ini selalu ramai pengunjung mulai para orang tua murid hingga karyawan yang rela menghabiskan waktu di jalan untuk menikmati mi ayam ini. Satu porsi mi ayam rawit ini dapat anda nikmati dengan harga Rp 12.000.

3. Bakmi Jhon Sampit Melawai

Nah untuk anda yang penggemar jamur, pasti kalian tidak akan menyesal mencicipi mi ayam yang dari bakmi jhon sampit melawai. Berisikan potongan ayam yang empuk, ditambah jamur yang melimpah dan juga bumbu-bumbunya dijamin akan menggoyangkan lidah anda.

Pilihan menu di bakmi jhon lebih beragam dibandingkan mi ayam sebelumnya, di sini terdapat menu mi ayam bakso. Selain dengan topping mi ayam jamur dan mi ayam jamur pangsit, anda bisa menambahkan bakso dalam satu porsi mi ayam ini.

Selain itu, di sini tedapat dua ukuran yaitu ukuran biasa dan ukuran jumbo. Semua menu ini disajikan dengan pangsit goreng mini yang melimpah di atas mi anda. Terletak di samping gedung salah satu bank pemerintah, bakmi jhon selalu ramai dikunjungi para pembeli.

Apabila anda datang pada jam makan siang, anda harus bersabar dan memberikan secara rinci pesanan anda karena pengunjung sangat ramai. Untuk harga mi ayam di bakmi jhon ini mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 34.000.

4. Mi Ayam Tanjung Menteng

Apabila anda melihat ramai mobil yang parkir di Jalan Tanjung, Menteng, Jakarta Pusat ini, pasti anda bertanya sedang ada apa. Para pengendara mobil tersebut sendang menikmati mi ayam yang berjualan di Jalan Tanjung tersebut. Mi ayam gerobak yang akhirnya dinamakan oleh para pengunjung menjadi Mi Ayam Tanjung Menteng ini juga ramai oleh para pecinta mi ayam.

Dapat dibilang semua kalangan mencintai mi ayam tanjung dari kalangan bawah hingga menengah ke atas. Hal ini dilihat dari banyaknya mobil yang parkir di pinggir jalan untuk makan mi ayam tanjung ini.

Hampir sama dengan bakmi jhon, mi ayam tanjung juga menyediakan topping bakso dan pangsit goreng. Potongan ayam yang besar dan gurihnya dari kaldu ayam akan menari di mulut anda. Anda juga bisa meminta untuk menu mi yamin di sini.

Walaupun menggunakan gerobak, kebersihan gerobak mi ayam tanjung terjaga dan tidak perlu anda tanyakan lagi. Lokasi yang dipenuhi dengan pepohonan ini membuat tempat mi ayam ini juga teduh karena pohon yang rimbun.

Apabila anda ingin memesan mi ayam untuk acara, mi ayam tanjung juga menyediakan untuk anda yang ingin memesan dalam jumlah banyak.

Muhammad Rezki

Sumber:Kompastravel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here