Limbanang, Kabartravel.com,- Tidak hanya Rendang yang menjadi menu Ramadhan masyarakat di Ranah Minang. Limbanang merupakan salah satu Nagari di Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota, provinsi Sumatera Barat (sumbar). Terletak sangat strategis di pertigaan jalan. Berbatasan dengan Koto Kociak Kecamatan Guguak, Tanjuang Jati Kecamatan Guguak dan Nagari Sungai Rimbang.

Pokan (pasar) Komih Limbanang merupakan Pasar yang sangat ramai di bagian mudiak atau utara kota payakumbuh. Pasar ini menjadi tempat berbelanja kebutuhan masyarakat yang hadir setiap hari kamis.

Juga Pasa Pabukoan Limbanang terkenal juga dengan ramainya pengunjung selama bulan ramadhan, karena banyaknya menu kuliner yang disajikan oleh pedagang musiman asli masyarakat setempat.

Salah satu kulinernya “GULAI PALUIK”, khas Nagari Limbanang yang tidak ada dijual pada pasar pabukoan lainnya. Komposisi Gulai Paluik terdiri dari Kelapa, Jengkol yang dibalut dengan Daun Kacang. Menu ini hanya ada setiap Pokan Komih di hari biasa dan Pasa Pabukoan di Bulan Ramadhan. Karena itulah sangat diburu oleh para perantau yang rindu akan selera kampung.

Bagi pencinta kuliner tentu tidak akan lengkap koleksi makanannya kalau belum mencoba Gulai Paluik ini.

Pewarta: Wendi Chandra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here