PEKANBARU,
Mari Menyantap Makanan Khas Melayu.Kali ini kabartravel mencoba untuk dapat menemukan restauran dengan menu Melayu.Selama beberapa hari sebelumnya, kami memang mencoba untuk mencari restauran yang mempunyai menu benar-benar makanan Melayu.

Dalam pencarian kami selama ini dan informasi yang kami dapatkan, begitu juga beberapa restauran yang direkomendasikan, kami belum dapat menemukan yang original. Agak meragukan juga untuk dapat menemukannya, sampai kemudian ketika kami berbincang-bincang dengan teman kami Herlina Napitupulu, kami mendapat “sedikit” kabar gembira.

Karena dia sempat mendengar kalau ada restauran Melayu seperti yang kami ingin kunjungi, tetapi dia juga ragu, karena dia juga mendengarnya dari “desas-desus”.

Setelah menelpon ke beberapa teman untuk menanyakan alamatnya, akhirnya kami mencoba untuk mendatangi alamat yang dimaksud.

Pimpinan Redaksi www.kabartravel.com Marta Uli Emmelia bersama Bapak Tengku Mohd Toha pemilik Restourant Melayu Pekanbaru
Pimpinan Redaksi www.kabartravel.com Marta Uli Emmelia bersama Bapak Tengku Mohd Toha pemilik Restourant Melayu Pekanbaru. Foto: Christian Panjaitan

Tibalah kami ditempat tersebut. Sebuah rumah makan yang ditempatkan pada sebuah rumah dengan spanduk kecil bertuliskan nama rumah makannya.

Tapi kami sedikit bingung, karena rumah makan tersebut begitu sepi, benar-benar sepi tanpa pengunjung. Padahal waktu menunjukkan sekitar pukul 14:20. Masih masuklah di jam makan siang.

Akhirnya kami bertemu dengan pemiliknya, Bapak Tengku Toha. Lalu disajikanlah beberapa menu. Pak Toha benar-benar minta maaf, karena itulah menu terakhir, karena sudah habis. Setelah makan. Maka kamipun pulang dan “janjian” akan datang lagi keesokan harinya dengan menu yang lebih lengkap.

Keesokan harinya, kamipun datang dan Bapak Tengku Toha benar-benar menyuguhi kami menu makanan yang lengkap dan semuanya asli makanan Melayu.

Dijelaskan bahwa berbagai menu makanan yang ada yg terdapat di rumah makan sederhana ini. Adapun menu-menu yang ada, adalah:

Ikan Selais Goreng Balada, Ikan Pantau (khas sungai Siak), Ikan Pindang Senangin, Siput Gonggong, Ikan Caru Bakar.

Dijelaskan pula bahwa rangkaian menu ini adalah menu makanan Melayu orang pulau, seperti Dumai, Bengkalis, Siak dan lain-lain orang pulau (Pekanbaru, Padang disebut sebagai orang darat).

Selain itu ada pula Kue khas Melayu yaitu Bolu Kunojo dan juga cane.Selain itu ada juga minuman dengan nama “Laksamana Mengamuk” yang bahan dasarnya dari buah kueni, tapi sayangnya kami belum bisa menikmatinya karena musim panen buah kueni belum saatnya.

Rumah makan ini ternyata hanya buka pada pukul 11:00 sampai pukul 15:00 di setiap harinya. Harga makanannya di hitung perorang 50.000 Rupiah saja. Dan setiap hari Jumat, para pendatang rumah makan ini akan mendapatkan gratis bubur sagu rendang yang demikian lezatnya.

Walaupun rumah makan ini begitu sederhana, tetapi orang-orang yang datang mulai dari pejabat, Anggota DPRD bahkan Gubernur Riau.

Bisa dibayangkan, bagaimana rasa makanan khas Melayu yang disajikan ini, betapa enaknya. Bahkan orang nomor satu di Riau inipun sering datang untuk menyantap makanan dirumah makan Melayu ini.

Rumah makan ini kami rekomendasikan sebagai rumah makan yang wajib untuk dikunjungi bila mendapat kesempatan untuk datang berkunjung ke Pekanbaru. Alamat Rumah Makan
Jalan Pinang Sejahtera, jalan Kuantan Jaya, Kuantan V, Pekanbaru, Riau.

Pewarta: Christian Panjaitan
Editor : Rino Chandra

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here