Kuliner dari ranah Minang memiliki kekhasan dari bahannya yang kaya rempah serta citarasa unik yang cenderung pedas. Tak heran mengapa Sumatera Barat pun memiliki sambal andalan seperti Samba lado tanak. Nah, bagi Anda yang memang penggila masakan Minang, harus tahu 5 fakta menarik seputar kuliner klasik yang satu ini.

  1. Samba lado tanak berasal dari Nagari Sungai Jambu di Kabupaten Tanah Datar

Samba lado Tanak merupakan sajian khas dari Nagari Sungai Jambu, yang berlokasi di pinggang Gunung Marapi, Kabupaten Tanah Datar. Konon, kuliner ini tercipta lantaran masyarakat setempat menyiasati dinginnya suhu di area tersebut melalui santapan pedas berupa samba lado (sambal cabai dalam bahasa Indonesia).

  1. Sesuai namanya, Samba lado tanak, memang bercitarasa pedas

Kata ‘lado’ dalam Samba lado tanak memiliki arti ‘cabai’ dalam bahasa Indonesia. Pasalnya, hidangan ini memang diolah dari cabai yang lumayan banyak. Alhasil, citarasanya tentulah pedas.

  1. Samba lado tanak pun dimasak dengan cara klasik sehingga citarasanya tetap otentik
  2. Samba lado tanak memiliki kuah seperti kalio namun dengan citarasa yang lebih pedas

Ketika sudah matang, Samba lado tanak tersebut memiliki kuah seperti ‘kalio’ yakni jenis gulai yang bertekstur lebih kental, atau lazim dikenal sebagai ‘rendang setengah jadi’ sebab kuahnya tak dimasak hingga kering. Selain itu, warna minyaknya pun tampak kemerahan yang secara tak langsung juga mengindikasikan semakin pedas pula citarasanya.

  1. Samba lado tanak terbilang jarang ditemukan walaupun di daerah Sumatera Barat sendiri.

Usut punya usut, Samba lado tanak rupanya cukup jarang ditemukan di Sumatera Barat. Sebab, kuliner klasik yang satu ini memang tak sering tersedia di berbagai rumah makan Padang sekalipun.

BACA JUGA :  Ini Dia 8 Hidangan yang Paling Sering Dijumpai Saat Idul Adha

Memamng kuliner tradisional nusantara begitu kaya, salah satunya adalah Samba lado tanak yang merupakan kuliner klasik asli dari Sumatera Barat. Nah, serasa kepingin mencoba, kan?  (Wisja)

 

Resep Samba Lado Tanak

Bahan-bahan:

  • 1 kg Jengkol (Rebus)/Pete/Pete cina tua
  • 1/2 kg Teri medan kering/Udang
  • 2 btr Kelapa kemudian ambil santannya
  • 2 butir air kelapa
  • 4 bh Asam Kandis, Daun Kunyit, Daun jeruk, Sereh dan memarkan
  • Garam

Bahan yang digiling halus:

  • 1/2 kg Cabe merah
  • Cabe rawit secukupnya
  • 7 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 ruas jari Kunyit, Jahe, dan Lengkuas

Cara Membuat samba lado tanak:

  1. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan cabe giling, daun kunyit, sereh kemudian aduklah hingga wangi harumnya keluar;
  2. Masukkan teri/ udang;
  3. Masukkan santan dan air kelapa dan aduklah hingga rata;
  4. Masukkan jengkol yang sudah direbus dan dipotong. Aduk terus jangan sampai pecah santan dan masaklah dengan api sedang hingga kering;
  5. Jika sudah mengering, matikan kompor.
  6. Selesai, sajikanlah samba lado tanak ini kepada keluarga Anda.

Mungkin tidak semua masyarakat Sumatera Barat mengetahui masakan ini, karena khasnya memang di daerah Tanah Datar, tapi kita wajib mencoba karena memang enak dan menggugah selera .

(Dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here