JAKARTA – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Sandiaga Uno menargetkan ibu kota bakal meraih predikat destinasi wisata halal terbaik di dunia pada 2022.“Target sudah jelas, menghadirkan satu juta wisatawan halal lima tahun ke depan,” ujar Wagub Sandi saat membuka acara Temu Bisnis Wisata Halal Ketiga 2018 di Jakarta, 2 Juni 2018 lalu.

Menurutnya, jika target itu tercapai, akan ada potensi pemasukan sebesar Rp 30 triliun – Rp 40 triliun. Sandi mengaku ingin mengalahkan Nusa Tenggara Barat dalam predikat itu.

“Insya Allah pasti bisa. Kami punya 40 ribu lebih kamar hotel. 40 ribu di Jakarta. Ada 5 ribu lebih masjid dan mushalla. Sekitar 17 ribu makanan minuman bersertifikat halal,” kata Sandi.

Selain itu, Jakarta memiliki 200 destinasi wisata dan 170 pusat perbelanjaan. Sandi juga meminta kepada semua pengusaha dan agen perjalanan agar mendukung wisata halal.

Berdasarkan data dari Global Islamic Economi Report 2015-2016, lima negara yang menjadi Halal Travel Indicator yakni, Malaysia, Uni Emirat Arab, Singapura, Thailand, dan Yordania. Dalam hal ini, Indonesia masih tertinggal.

Sandiaga pun meminta semua jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendukung penuh pariwisata halal di tempat masing-masing. Banyak lokasi-lokasi yang memiliki potensi menjadi destinasi wisata halal.

Sandiaga mengatakan hampir semua wilayah Jakarta memiliki tempat yang cocok. Misalnya seperti Masjid Luar Batang di Jakarta Utara, Pulau Macan di Kepulauan Seribu, dan Setu Babakan di Jakarta Selatan.

“Kita harus memanfaatkan peluang yang ada. Ini menjadi tantangan kita untuk meningkatkan sektor pariwisata. Sejumlah destinasi wisata seperti, kawasan Kota Tua, Kepulauan Seribu, dan Setu Babakan dapat ditambahkan dengan konsep wisata halal,” ujarnya.

(Wisja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here