Sail Teluk Cendrawasih Didukung Kemenko Kemaritiman

0
69

KABARTRAVEL.COM – Kementerian Koordinator (Kemenko) Kemaritiman mendukung usulan program Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua untuk menyelenggarakan kegiatan Sail Teluk Cenderawasih 2022 dalam rangka mengangkat potensi kemaritiman di tanah Papua.

“Potensi kemaritiman di kawasan Teluk Cenderawasih sangat melimpah dan sangat beragam kekayaan alam laut, budaya dan pariwisata sehingga menjadi daya tarik wisatawan,” ungkap Deputi IV Bidang Koordinasi Sumber Daya Manusia, Iptek dan Budaya Maritim Kementerian Kemaritiman Safri Burhanuddin DEA dikutip dari Antara, Minggu, 7 Juli 2019.

Ia mengakui keinginan Pemkab Biak Numfor dalam mendesain program Sail Teluk Cenderawasih patut diberikan apresiasi karena menginginkan adanya pengelolaan potensi kemaritiman untuk kesejahteraan masyarakat lokal di tanah Papua. Deputi IV Kemenko Kemaritiman Safri Burhanuddin berjanji akan membantu Pemkab Biak Numfor dalam merencanakan kegiatan Sail Teluk Cederawasih 2022.

“Banyak dampak positif bidang ekonomi, sosial dan budaya dan pariwisata di daerah jika sukses mengelar Sail Teluk Cenderawasih, ya adanya keinginan ini harus diberikan suport serta direspon pemerintah pusat melalui Kemenko Kemaritiman,” ujar Deputi IV Safri Burhanuddin. Ia berharap keseriusan pemkab Biak Numfor bersama kabupaten lain hadir dalam mewujudkan program Sail Teluk Cenderawasih.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Biak Markus O Mansnembra mengatakan adanya keinginan untuk mengelar Sail Teluk Cenderawasih bertujuan meningkatkan pengelolaan potensi sumber daya kemaritiman dan pariwisata di tanah Papua.

“Pemkab Biak Numfor sangat berharap usulan Sail Teluk Cenderawasih dapat ditindaklanjuti pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Kemaritiman,” harap Sekda Markus Mansnembra.

Ia mengakui jika program Sail Teluk Cenderawaih terwujud maka manfaatnya dapat dirasakan langsung masyarakat, pemerintah dan pelaku usaha di setiap daerah.

Semangat

Sementara itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Biak Numfor, Papua, mengusulkan program Sail Teluk Cenderawasih 2018 kepada Badan Perencanaan Nasional. Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Yubelius Usior di Biak, Senin, mengharapkan sebelum PON 2020 di Papua bisa diawali dengan kegiatan Sail Teluk Cenderawasih. Kegiatan itu, sebagai ajang promosi pariwisata kawasan Teluk Cenderawasih.

“Program Sail Teluk Cenderawasih diharapkan menjadi kegiatan unggulan kepariwisataan dan kemaritiman di tanah Papua sebelum ‘event’ olahraga nasional digelar 2020,” kata Yubelius.

Secara geografis, katanya, kawasan Teluk Cenderawasih indah dengan kekayaan alam laut, seni budaya daerah, hingga potensi kepariwisataan bahari, serta peninggalan Perang Dunia II.

Hanya saja, katanya, potensi alam Teluk Cenderawasih perlu dituangkan dalam program berskala nasional dan internasional sehingga daerah itu pada masa mendatang semakin ramai kunjungan wisata.

Menyinggung waktu pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih, kata Yubelius, diperkirakan pada 2018 karena masih membutuhkan berbagai koordinasi dan persiapan dengan kabupaten sekitarnya.

“Persiapan waktu tiga tahun ke depan untuk kegiatan kepariwisataan Sail teluk Cenderawasih saya kira sudah cukup, yang penting ada komitmen bersama kabupaten sekitar wilayah teluk serta dukungan pemerintah pusat dalam penyediaan sarana, prasarana, maupun anggaran penunjang program,” ujarnya.

Yubelius mengemukakan jika Sail Teluk Cenderawasih disetujui maka memberikan dampak positif dalam kepariwisataan di Kabupaten Biak Numfor, karena akan banyak wisatawan luar berkunjung untuk menikmati “event” kelautan dan perikanan, serta kepariwisataan.

Berdasarkan data, wilayah di kawasan Teluk Cenderaawsih, di antaranya Kabupaten Biak Numfor, Supiori, Yapen Kepulauan, dan Waropen. Daerah itu berupa kepulauan yang memiliki potensi keragaman alam kepariwisataan, perikanan, kelautan, dan bahari. (Wisja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here