Jakarta, Kabartravel.com – Riburan warga kanada memadati Indonesian Street Festival yang digelar di Toronto. Festival yang dielenggarakan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Toronto (KJRI Toronto) bekerja sama dengan komunitas Indonesia di wilayah Toronto Minggu (4/8) akhir pekan lalu. Pariwisata dan kuliner Indonesia paling diminati di sini.

Dari rilis pers yang diterima, Selasa (6/8/2019), acara ini sukses menyita ribuan, bahkan puluhan ribu warga Kanada yang kebetulan menyaksikan acara tersebut. Festival ini digelar di Yonge-Dundas Square, kawasan yang memiliki intersection tersibuk di Kanada, dengan sirkulasi orang mencapai lebih dari 150 ribu orang per hari.

Acara Indonesian Street Festival (ISF) yang dimulai sejak pukul 10 pagi hingga 6 sore, mampu menarik puluhan ribu warga Kanada. Mereka rata-rata tertarik dengan kuliner dan juga indahnya destinasi wisata di Indonesia. Antrean terlihat di beberapa booth.
Beberapa vendor pun menjual aneka kuliner nusantara, kerajinan tangan, kopi, dan produk makanan/minuman lain di festival itu. Sementara di booth KJRI Toronto diisi oleh promosi pariwisata Indonesia.

Festival Indonesia ini juga dimeriahkan oleh penampilan runner-up Indonesian Idol Season 7, Kamasean Matthews. Di samping itu, tampil pula grup tari Saung Budaya Dance, New York yang membawakan Tari Enggang (Kalimantan Timur), Yosim Pancar (Papua) dan Bajidor Kahot (Jawa Barat).
Masyarakat Indonesia yang tinggal di Toronto juga turut andil memeriahkan acara ISF 2019 lewat penampilan angklung (SwaraGita), keroncong (Orkes Garasi), Tari Ratoh Jaroe, Tari Indang (Badindin), Tari Tor-Tor, Tari Kebyar, Rampak Gendang dan Pencak Silat (Canada Pencak Silat Federation).

Acara ISF juga berhasil mengajak warga Toronto untuk menarikan Tari Maumere dan Tari Tor-Tor secara massal. Lebih dari 1.000 orang turut ambil bagian menarikan tari khas asal Flores dan Maluku tersebut.

“(ISF) dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan nilai perdagangan dan investasi RI-Kanada. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan produk pariwisata Indonesia kepada warga Kanada. Harapannya, semakin banyak yang berkunjung ke Indonesia,” tegas Konjen RI untuk Toronto, Leonard F. Hutabarat.
Pada tahun 2018, jumlah wisatawan asal Kanada yang berkunjung ke Indonesia mencapai 97,8 ribu kunjungan atau mengalami peningkatan sebesar 1,75% dibanding tahun 2017 yang hanya sebanyak 96,1 ribu kunjungan.

Selain sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-74, KJRI Toronto berharap kegiatan festival ISF mampu meningkatkan jumlah turis asal Kanada ke Indonesia. (Wisja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here