Jakarta, Kabartravei.com – Pesta Kesenian Bali (PKB) terpilih menjadi pemenang acara unggulan dalam peluncuran Calendar of Events 2020 Wonderful Indonesia yang diselenggarakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Selasa (15/10/2019). Acara ini mengalahkan 100 acara pariwisata lainnya dari berbagai daerah.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut PKB menjadi satu acara terbaik dan dapat menjadi contoh bagi acara-acara di daerah lainnya. “Satu saja yang terbaik adalah Pesta Kesenian Bali (PKB) itu contoh event yang sempurna. Paradenya bagus sekali, cultural event-nya sangat bagus,” kata Arief di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Arief mengatakan alasan-alasan PKB menjadi contoh event yang harus ditiru daerah-daerah lainnya karena memenuhi 3C yang menjadi kriteria dari kurator, yaitu Cultural atau Creative Values, Commercial dan Communication Values, dan CEO Commitment.

“Jadi kalau Bali itu 3C nya sempurna menurut saya,” jelas Arief.

Secara commercial values, penonton PKB seimbang secara originasi. “Itu penontonnya separuh asing separuh orang kita, orang kita yang menonton mungkin pebisnis jadi komersilnya dapat, lalu CEO Commitmentnya, ini acara sudah 36 tahun berjalan, konsisten,” jelas Arief.

Ia juga menyarankan agar para kepala daerah mengikuti coaching clinic dengan para kurator profesional di bidangnya agar acara dapat berjalan dengan baik. Ia menyetujui pula apabila coaching clinic dilaksanakan di Bali sebagai contoh event terbaik.

Pesta Kesenian Bali (PKB) merupakan parade atau festival kesenian tahunan yang diprakarsai oleh Pemerintah Provinsi Bali. Acara ini dilaksanakan sebagai wadah aktivitas dan kreativitas para seniman untuk berupaya mendukung program pemerintah dalam hal penggalian, pelestarian, dan pengembangan nilai-nilai seni budaya Bali.

Secara garis besar, materi PKB terdiri dari pawai, parade, lomba, pagelaran, pameran, sarasehan dan pelatihan.

Berbeda pada tahun sebelumnya, Pesta Kesenian Bali ke-42 pada tahun 2020 akan mengangkat tema ‘Atma Kertih: Penyucian Jiwa Paripurna’.

Atma Kertih yang dimaknai sebagai Penyucian Jiwa Paripurna diharapkan menjadi subjek eksplorasi untuk semua materi Pesta Kesenian Bali ke-42.

Pada tahun 2019, PKB digelar di Taman Budaya Art Centre, Bali tanggal 15 Juni-13 Juli 2019. Acara ini diklaim menjadi festival seni terpanjang dan paling meriah dalam tradisi festival di Indonesia.

PKB melibatkan ribuan seniman dari seluruh penjuru Bali. Acara ditampilkan secara berjenjang melalui kompetisi tingkat desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi. (Wisja)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here