Bupati Alor, Drs. Amon Djobo (Ist)

Alor-NTT,  Kabartravel.com – Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur (NTT), miliki tradisi unik dan langka, yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung, yaitu festival Dugong.  Festival Ikan Dugong atau ikan duyung yang biasanya digelar di Pantai Wisata Mali, Kabupaten Alor, tahun ini bakal kembali digelar.

Tahun ini Pemerintah Daerah Kabupaten Alor siap menggelar kembali Festival Dugong serta Festival Al-Quran Tua Dari Kulit Kayu yang akan diselenggarakan pada tanggal 29 – 30 Juli 2020 mendatang, bakal dihadiri langsung oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur, Victor B. Laiskodat.

Festival Dugong sudah mulai digelar sejak tahun lalu dengan dukungan dari Gubernur NTT dan pihak luar . Dan pada tanggal 29 juli mendatang Festival Dugong kembali digelar di Area Pantai Wisata Mali Kecamatan Kabola, ” kata Bupati Alor Drs. Amon Djobo kepada wartawan di Ruang Kerjanya, selasa (07/07).

Dalam Festival Dugong tersebut,  sekaligus akan dilangsungkan  launching Area Pantai  Wisata Mali sebagai destinasi wisata yang sebelumnya telah mendapat biaya pembangunan miliyaran rupiah.

Untuk itu Bupati Amon Djobo mengharapkan, dengan adanya launching daerah wisata ini akan memberi dampak baik yang bisa dirasakan oleh masyarakat Alor.

Sementara itu, pada tanggal 30 juli akan digelar Festival Al-Quran Tua Dari Kulit Kayu yang usianya sudah empat setengah abad di Desa Alor Besar Kecamatan Alor Barat Daya.

Sejarah Al-Quran Tua Dari Kulit Kayu di Alor ini, keberadaannya adalah berdasarkan tuturan dari petuah-petuah adat.

Bupati Alor menyebutkan, adanya Al-Quran yang ditulis di kulit kayu ini merupakan hal istimewa,  sebab Al-Quran  dari kulit kayu ini tidak ada di daerah lain, selain di Alor. Sehingga potensi inoi mampu dijadikan obyek wisata religi di NTT yang harus ditonjolakan.  (viktor)

BACA JUGA :  Berwisata ke Bandung? Ini dia Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi Saat New Normal

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here