Beranda HEADLINES Parade Tambua Tansa di Car Free Day Jakarta

Parade Tambua Tansa di Car Free Day Jakarta

BERBAGI

JAKARTA – Mengawali Festival Danau Maninjau, yang bakal digelar pada Oktober 2018 mendatang di Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu 8 Juli 2018, di areal Car Fre Day (CFD), Jl.Sudirman – Thamrin, Jakarta Pusat, dilangsungkan Parade Tambua Tansa Minangkabau.

Parade Tambua Tansa yang pertama kali dilangsungkan di CFD Jakarta ini, akan menghadirkan tujuh team tambua Tansa kelompok kesenian dari organisasi perantau Nagari Salingka Danau Maninjau, di Jakarta, diantaranya Tim Tambua Tansa Sanggar Sangriko IKKM Jakarta (Nagari Koto Malintang}, Koto Gadang, Bayur, Maninjau, Tanjung Sani, Koto Kaciak dan Nagari Sungai Batang.

Parade Tambua Tansa Minang ini menarik untuk disaksikan. Tambua Tansa berparade mengiringi/mengarak dua pasang muda-mudi dengan kostum pengantin Minang lengkap, didampingi oleh delapan orang wanita muda cantik, lengkap dengan pakaian adat Minang, serta enam orang Bundo Kanduang membawa sajian di kepala (manjunjuang jamba).

Parade akan diawali dari Depan gedung Kementrian Agama, Jl.Thamrin. Rencananya akan dibuka oleh Wagub DKI Sandiaga Uno, dan dihadiri oleh tokoh-tokoh Minang di Jakarta. Peserta parade berparade menuju Monumen Nasional (Monas). Di areal patung kuda, peserta parade memutar ke jl.Merdeka Selatan, lanjut ke Jl. Kebun Sirih, menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Di Bundara HI, peserta parade mengeliling Bundara HI. Di kawasan Bundara HI ini, paserta parade akan menampilkan berbagai atraksi. Sementara itu, di lokasi ini, Panitia Festival Danau maninjau, yang bertajuk “Kemilau Danau Maninjau” menjual berbagai souvenir, mulai dari baju kaos, topi, hingga boneka berlogo “Kemilau Danau Maninjau”.

Hasil penjualan souvenir ini nantinya akan digunakan untuk berbagai program pemulihan Danau Maninjau, yang saat ini mengalami pencemaran dan kerusakan yang cukup parah. Ke depan direncanakan, Danau Maninjau akan dijadikan salah satu danau konservasi, dan upaya pengembalian keindahan Danau Maninjau, yang dulunya menjadi objek wisata unggulan Sumatera Barat. (Wisja)

LEAVE A REPLY