HeadlinesKuliner

Mengungkap Apa dan Mengapa dengan Masakan Padang

Kabartravel.com – Dapat dipastikan, para penikmat kuliner, mengenal kelezatan masakan Sumatera Barat (“masakan padang”). Bahkan masakan “ter enak” di dunia (Rendang) berasal dari sini. Kali ini Kabartravel.com mencoba mengungkap apa dan mengapa dengan masakan padang, yang dikenal dengan bahan dasar santan kelapa dan kaya bumbu rempah ini.

Semua yang mengenal makanan Sumatera Barat pasti tahu bahwa salah satu bumbu dasar yang selalu digunakan adalah santan kelapa. Perasan sari daging buah Cocas Nucefera tersebut  bisa dinikmati di masakan Rendang, Gulai Kepala Ikan, Gulai Tunjang, Pangek Daging dan lain sebagainya.

Ada gurauan yang beredar, kalau datang ke Sumatera Barat siap-siap berat badannya naik. Atau bagi sebagian lain akan diberi peringatan kalau mau menikmati masakan Padang, jangan lupa bawa obat Kolestrol! Apapun itu, yang jelas, dibalik gurauan tadi, pesannya jelas, Makanan Padang enak, dan anda harus mencoba, apapun konsekuensinya!

Namun sebetulnya ada pendapat para ahli kesehatan dan gizi yang patut kita pahami. Siapa sangka santan kelapa itu bisa memperkuat sistim kekebalan karena ada kandungan asam lauratnya.

Santan juga bisa membantu menurunkan berat badan karena mengandung Trigliserida rantai menengah. Bisa juga mengobati tukak lambung karena ada Antiulceragenik, dan malah bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan Kolestrol LDL dan meningkatkan Kolestrol HDL.

Jadi, diantara gurauan dan fakta kesehatan dan gizi tadi, yang terpenting adalah sebuah keputusan. Pertama segera datang ke Sumatera Barat. Kedua nikmati semua variasi Makanan Padang yang semuanya “lamak bana”. Saat anda sudah mengambil keputusan tersebut, kami yakin bahwa anda pasti percaya kalau pariwisata Sumbar itu memang berbeda.  (Wisja/Dispar Sumbar)

BACA JUGA :  "Gulai Paluik" Kuliner Asli Limbanang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close