SABANG, kabartravel.com – Hujan deras yang berkepanjangan sejak semalam hingga berita ini diturunkan mewarnai penyelenggaraan ‘Sail Sabang’ 2017 yang berlangsung di Kota Sabang, Provinsi Aceh, sejak tanggal 28 November hingga 5 Desember yang dipusatkan di Terminal Countainer 3 Pelabuhan Sabang.

Sail Sabang 2017 dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI H. M. Jusuf Kalla, yang dihadiri Mentri Pariwisata Arif Yahya, Menko Maritim Luhut B Panjaitan, Mentri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Mentri Kabinet Kerja, dan sejumlah Dubes untuk RI serta pejabat negara lainnya. Dihadiri pula Gubernur Aceh dan Bupati/Walikota se Provinsi Banda Aceh serta sejumlah pejabat daerah setempat.

Meskipun hujan terus mengguyur Kota Sabang, namun tidak menyurutkan semangat wisatawan dari mancanegara seperti Asia Tenggara, Eropa dan Timur Tengah maupun wisatawan domestik dari belahan Nusantara tumpah ruah berbaur menjadi satu memadati Kota Sabang untuk menyaksikan semaraknya puncak acara Sail Sabang 2017 yang hari ini, Sabtu (2/12/2017) di hadiri Wapres RI Jusuf Kalla.

Sail Sabang 2017 yang sudah menjadi Event Nasional dan Internasional Kementerian Pariwisata RI, menggelar berbagai Lomba dan Festifal, diantaranya Pentas Wonderful Sabang, Sail Sabang dan Wonderful Sabang Expo, Fun Bike Sabang, Lomba Mancing, Festival Kuliner, dan Festival Kopi khas Aceh, serta Welcome Dinner bagi tamu undangan, bertempat di halaman Balaikota Sabang.

Pulau Weh sebutan lain Kota Sabang nan cantik, indah dan bersih, semua wisatawan baik mancanegara maupun domestik. tidak hanya dimanjakan dengan berbagai event yang digelar oleh panitia penyelenggara Sail Sabang, tapi juga dimanjakan dengan keramah tamahan masyarakatnya dalam menyambut seluruh tamu yang datang berkunjung ke daerah ini untuk menyaksikan event pariwisata yang tergolong spektakuler. tidak heran jika seluruh Hotel dan penginapan, homestay semuanya penuh, bahkan pemesanan dilakukan 1 bulan sebelum penyelenggaraan Sail Sabang 2017. rumah-rumah wargapun tidak luput dari sasaran para wisatawan untuk menjadikan tempat menginap selama berada di Kota Sabang menyaksikan “Sail Sabang” 2017.

Salah satu peserta undangan dari Dinas Pariwisata provinsi Kaltara saat ditemui disela-sela acara mengatakan, sangat mengapresiasi penyelenggaraan Sail Sabang 2017, selain karena penyelenggaraan dikemas sangat profesional, juga standar kerja yang dilakukan seluruh panitia, baik dari Kementerian maupun Panitia daerah begitu kompak meskipun melibatkan banyak pihak.

“Mengikuti acara sekelas Sail Sabang ini memberikan dampak positif yang sangat luar biasa,. Karena ini bisa menjadi bahan pelajaran kedepannya untuk kegiatan pariwisata di Kaltara agar nantinya kita juga mampu melaksanakan hal yang sama khususnya Event Nasional dan Internasional”, ujar Agustian Arsyad, yang juga Kasi Analasis Pasar, Strategi dan Komunikasi Dinas Pariwisata provinsi Kaltara ini.

(Rezki/Hamka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here