DEPOK, kabartravel.com – Taman Kaldera bersama Sanggar Budaya Rumah Cinwa, menyelenggarakan kegiatan Sedekah Bumi (Sedebu) IV tahun 2019. Dengan tema ‘Air untuk Kehidupan dalam Sarasehan Budaya’, kegiatan ini diselenggarakan di Taman Kaldera, Jalan Setu Jatijajar, Depok, Jawa Barat.

Kegiatan yang diselenggarakan dari Tanggal 27- 29 September 2019, menampilkan Lakon Wayang Golek Fabel, pemeran Tari Jaipongan, diskusi hingga kegiatan penanaman bibit pohon di Taman Kaldera. Kegiatan ini sendiri turut dihadiri oleh sejumlah berbagai macam lintas komunitas.

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna yang hadir pada pembukaan Sadebu IV mengaku sangat bangga dengan kegiatan yang menampilkan pagelaran budaya ini.

“Saya berharap pertemuan-pertemuan lintas komunitas Depok seperti yang ada dalam kegiatan Sedebu IV dapat membangun kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga alam, termasuk menjaga danau, sungai, dan sumber daya air lainnya yang banyak dapat ditemui di Kota Depok,” ujar Pradi, Sabtu, (28/9/2019).

“Pesan wakil wali kota Depok Pradi Supriatna di bawah pohon matoa: sebuah karya besar dan kreatif, tidak selalu muncul dari dalam gedung indah dan ber-AC!

Sementara itu, Dwi Woro Retno Mastuti, dosen program studi Jawa Universitas Indonesia mengatakan, bahwa penyelenggaraan Sedebu di Taman Kaldera, ini memang diadakan setiap tahunnya.

“Taman Kaldera, merupakan wadah apresiasi seni-budaya-lingkungan juga media berjejaring yang bertujuan menggerakkan budaya sebagai dasar membangun sosial ekonomi dan ekonomi kreatif masyarakat yang bertempat di Jl. Setu Jatijajar 1, Tapos, Kota Depok,” katanya.

Kegiatan seni wayang, gamelan, pengenalan budidaya tanaman hidroponik, olah raga air dengan wahana kayak, kegiatan konservasi, dan melarung benih ikan sebagai sarana pendidikan berbasis alam terbuka telah dilakukan oleh Taman Kaldera dan berbagai komunitas yang ada di dalamnya.

“Keseluruhan aktivitas ini dengan apik diramu dan disajikan dalam helatan Sedebu IV kali ini,” ujarnya.

Woro dan komunitas yang diasuhnya Rumah Cinwa berharap Sedebu IV dapat mengembalikan semangat menjaga bumi bagi para generasi muda khususnya pegiat budaya dan lingkungan di Kota Depok.

“Kegiatan hari pertama ini ditutup dengan menyesap wedhang uwuh, yang disajikan dengan sangat manis dari komunitas Selow Food. Dua hari ke depan, siapapun yang ingin merasakan kehangatan sapa atau kejutan kuliner lainnya dari para pegiat Kota Depok di Taman Kaldera, silakan datang,” katanya.

“Mari merapat ke Sedebu IV, menjadi manusia berbudaya, melalui seni dan alam yang kita jaga, bersama.
Ohya, tanpa perlu berpikir panjang, silakan bergabung, acara ini gratis,” tutupnya.

(Muhammad Rezki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here