JAKARTA, kabartravel – Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur bekerjasama dengan Condet Kita Foundation akan menghelat Condet Punya Potensi. Acara yang menampilkan kekayaan lingkungan, seni dan budaya di Condet ini diadakan di Sungai Ciliwung dan Jalan Munggang, Condet Balembang, Jakarta Timur Sabtu, (31/03/2018)

Acara tersebut dihadiri oleh Anggota DPD Jakarta Prof Dailami Firdaus, Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur, Iwan Henry Wardhana dan sejumlah pejabat dan pemuka masyarakat Condet.

Anggota DPD Jakarta Prof Dailami Firdaus menjelaskan, acara Condet Punya Potensi menjadi bagian dari upaya menjadikan Ciliwung sebagai destinasi wisata alam bagi warga JakartaDailami yang juga merupakan inisiator Condet Punya Potensi menjelaskan, hasil penyusurannya di Sungai Ciliwung menunjukkan betapa kali di wilayah Condet memiliki potensi besar baik dari alam dan masyarakat sekitarnya. Terlebih, ada beberapa lokasi yang pernah menjadi lokasi penggalian artefak dari zaman prasejarah ribuan tahun sebelum Masehi.

“Karena itu saya melihat Condet dan Ciliwung bisa menjadi sebuah destinasi wisata diwilayah timur Jakarta yang sangat potensial. Karena lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau serta memiliki sarana prasarana yang memadai,”ujarnya

Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur, Iwan Henry Wardhana menjelaskan, Condet Punya Potensi adalah bagian dari rencana pemerintah untuk menjadikan Condet menjadi satu dari sembilan destinasi wisata di Jakarta Timur. Menurut dia, masyarakat perkotaan harus diberi alternatif wisata, selain rekreasi di gedung tinggi dan mall mewah. Sudah saatnya budaya yang bersumber dari kearifan lokai diberdayakan menjadi potensi wisata.

“Apalagi Condet ini dari literatur yang saya baca merupakan cikal bakal Jakarta.”ujar Iwan.

Iwan menambahkan, pemerintah akan menjadikan Condet sebagai tujuan wisata edukasi. Nantinya, para pelajar dan kaum akademisi akan diajak untuk melihat bagaimana budaya betawi yang masih asri di Condet. Mereka bisa menyaksikan Sungai Ciliwung termasuk masyarakat bantaran kali yang ternyata sudah hidup sejak zaman prasejarah.

“Mereka kemudian kita ajak untuk menulis Condet seperti asal mula Balekambang, temuan prasejarah dan sebagainya,”kata dia.

Ketua Panitia Condet Punya Potensi Nurosit Sapri Muslim menjelaskan, acara ini akan diawali dengan tubing (melintas bebas dengan ban dalam mobil) dari Balai Rakyat, Condet Balekambang hingga ke Dermaga di ujung Jalan Rawa Elok, Balekambang. Peserta kemudian akan menanam pohon di bantaran kali. “Tujuannya agar bantaran kali tidak cepat longsor setelah banjir kemarin, “ujar dia di Jakarta.

Peserta diarak ke lokasi acara keriaan di Jalan Munggang dengan pasukan marching band pelajar SDN 06 Batu Ampar, Jakarta. Di panggung utama, ujar Nurosit, para tokoh agama dan segenap tokoh masyarakat sudah membawakan Maulid Nabi SAW sambil membaca tahlil dan tahmid demi kesuksesan acara.

Selain susur sungai dan pembacaan maulid, puluhan pedagang asli Condet sudah memenuhi tenda-tenda yang disediakan panitia. Menurut Nurosit, tenda-tenda tersebut akan diisi oleh ragam kuliner dan produk khas betawi juga hasil kreativitas warga Condet.

Perhelatan ini kian lengkap dengan adanya beragam penampil seni betawi dari tari, lenong hingga gambang keromong. Para jawara juga tidak ketinggalan untuk melakukan atraksi Palang Pintu yang merupakan salahsatu dari kekayaan budaya betawi.

Nurosit memastikan acara ini dihelat oleh segenap warga Condet. Karena itu, panitia tidak akan membebani para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) asli Condet yang hendak berdagang di bazar Condet Punya Potensi.(Arief Ramdhani/***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here