Sate, salah satu kuliner khas Idul Adha (Ist)

Kabartravel.com – Idul Adha, adalah puncak ibadah haji, momen yang dirayakan umat muslim dunia. Momen yang dikenal juga dengan Hari Raya Kurban ini, dimeriahkan  dengan shalat Ied bersama dan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Misalnya saja kambing, domba, atau sapi

Daging kurban biasanya dibagi-bagikan kepada mereka yang berhak menerimanya, ke keluarga, teman, tetangga maupun orang-orang yang membutuhkan supaya dapat diolah menjadi berbagai macam masakan lezat dan dinikmati bersama-sama dihari yang berbahagia Idul Adha.

Kira-kira apa saja ya hidangan yang paling sering kita jumpai di momen Idul Adha  ini? Berikut kami coba kumpulkan beberapa masakan tersebut:

  1. Sate

Makanan ini semakin lezat dikonsumsi dalam keadaan hangat. Biasanya dibuat mulai dari daging kambing, ayam, sapi, ikan, atau bahkan tahu. Daging-daging tersebut kemudian dipanggang, lalu dilumuri bumbu khas, saus kecap ataupun kacang. Sate bisa dinikmati bersama dengan sepiring nasi ataupun lontong.

  1. Gule/Gulai

Salah satu kuliner yang sering dihidangkan di momen perayaan Hari Idul Adha adalah gule atau gulai. Makanan ini rasanya cukup gurih dan nikmat, terutama ketika dimakan dalam kondisi masih hangat. Gule bisa dibuat dari daging kambing, ayam, sapi, ikan, hingga makanan laut lainnya.

Masakan ini biasanya dibuat dari campuran berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, ketumbar, kunyit, lada hitam, lengkuas, serai, dan lainnya. Bahan-bahan ini kemudian diolah dan dimasak dengan campuran santan sehingga rasanya pun semakin lezat.

  1. Tongseng

Kuliner Idul Adha selanjutnya adalah tongseng. Tongseng bisa dibuat dari daging sapi, kambing, maupun domba yang diolah dengan berbagai bumbu tambahan sehingga rasanya lezat dan membuat ketagihan. Untuk tongseng kambing, biasanya pengolahannya cukup hati-hati dan memakan waktu supaya bau daging kambing tidak terlalu kuat dan mengganggu.

  1. Rendang
BACA JUGA :  Kota Siak Objek Wisata Favorit, Akses Jalan Memprihatinkan

Makanan khas dari suku Minangkabau ini cukup terkenal, tak hanya di Indonesia saja tapi juga mancanegara. Makanan ini bahkan pernah masuk dalam daftar “World’s 50 Most Delicious Foods“ atau 50 makanan terenak di dunia tahun 2011 saat CNN International melakukan jajak pendapat online. Rendang, tidak saja masuk dalam daftar makanan terenak, namun “makanan terenak nomor wahid di dunia”

Tak dapat dipungkiri, rendang memang hidangan yang sangat lezat terutama jika disajikan di momen Idul Adha. Biasanya dibuat dari bahan daging sapi maupun kambing yang diolah dengan baik sehingga tak tercium bau amis sama sekali. Bisa dikonsumsi dengan nasi putih hingga ketupat.

  1. Bakso

Bakso sapi biasanya juga bisa dijumpai dalam salah satu kuliner di momen Idul Adha. Biasanya dilengkapi dengan mie bihun dan dapat diberi pelengkap seperti kecambah, tahu, tempe, hingga taburan bawang goreng.

  1. Tengkleng

Hidangan yang berasal dari kota Solo ini biasanya diolah dari daging kambing. Sekilas mirip dengan gule/gulai, bedanya, kuah tengkleng biasanya lebih sedikit dan lebih encer. Rasa dan aromanya yang sangat lezat mampu membuat orang tertarik untuk memakannya.

  1. Serundeng

Serundeng juga cukup digemari terutama saat perayaan Idul Adha. Hasil parutan kelapa yang kemudian digoreng bersamaan dengan bermacam-macam rempah ini biasanya dihidangkan bersamaan dengan daging sapi yang lezat. Selain itu, serundeng juga dapat dijadikan pelengkap masakan lain seperti soto.

  1. Sop Buntut

Bagi Anda yang hobi makan sop buntut, hidangan ini pasti merupakan salah satu yang dinanti-nantikan untuk melengkapi perayaan Idul Adha. Makanan hasil olahan dari daging ekor sapi ini biasanya disajikan dengan tambahan sayur-sayuran seperti irisan wortel, kentang, tomat, seledri, dan lainnya.

BACA JUGA :  Status Gunung Agung Diturunkan, Bali Siap Sambut Wisatawan

Itulah beberapa hidangan yang paling sering kita temukan saat merayakan Idul Adha. Pastinya masih ada banyak lagi kuliner yang menjadi favorit Anda saat merayakan Idul Adha.    Selamat Idul Adha, bagi Anda Yang merayakannya!

  • Wisja
  • Dari berbagai sumber

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here