PARIAMAN, Kabartravel.com – Sumatera Barat (Sumbar), yang secara Culture disebut Minangkabau, memang tidak asing lagi ditelinga orang, khususnya wisatawan. Sumbar, selain memiliki banyak objek wisata nenarik, juga dikenal dengan kuliner-nya, yang populer dengan masakan Padang.

Secara umum, kuliner daerah ini memang sudah tidak diragukan lagi. Namun, jika Anda berkunjung ke Sumbar, tidak lengkap kiranya jika belum mengenal dan mencoba kuliner khas masing-masaing daerahnya. Sebab, hapir disetiap daerah Kabupaten di Sumbar memiliki kuliner khas.

Contohnya, Jika Anda berkunjung ke daerah Pariaman misalnya, belum lengkap jika tidak mencoba kuliner khasnya! Pada kesempatan ini, Kabartravel.com akan membahas apa saja kuliner khas yang wajib Anda cicipi jika berwisata ke Pariaman, yaitu:

1. Sala Lauak

Sala Lauak ( Ikan ) adalah salah satu kuliner khas yang ada di Pariman. sala lauak ini terbuat dari adukan tepung, rempah-rempah dan ikan ini dapat anda temukan di sepanjang pantai pariaman terutama di pantai ulakan.

2. Rakik Lauak
Rakik yaitu salah satu makanan khas Pariaman yang mirip dengan kerupuk dan memiliki rasa yang khas.

rakik lauak ini memiliki banyak rasa seperti rasa ikan, kepiting, dan lainya. Rakik lauak ini dapat anda temui di sepanjang pantai Pariman tetapi kebanyakan di pantai Ulakan.

3. Sate Ajo Pariman

Inilah salah satu kuliner yang sering melambang kan pariaman yaitu sate “Ajo Pariaman”, ajo adalah salah satu nama panggilan bagi laki laki dewasa di pariman.

sate ajo ini memiliki rasa yang berbeda dari sate daerah lain yaitu lebih dominan pedas dan panas/hot.

4. Gulai Kapalo Lauak ( Kepala Ikan)
Gulai kapalo lauak adalah menu masakan yang harus anda coba jika anda benar benar pecinta kuliner, karena gulai kapalo lauak (kepala ikan) ini tidak mengunakan ikan sembarangan, hanya mengunakan kepala ikan tuna dan ikan enak lainnya.
Untuk menemukan gulai kepala ikan ini tidak sulit kok karena gulai ini bayak di jual di rumah makan yang ada di sepanjang pantai pariman. Memang, rata-rata rumah makan Padang, ada gulai kapalo luak (kepala ikan), namun beda rasanya dengan yang asli dari Pariaman.

5. Katupek Gulai Tunjang

Katupek gulai tunjang (ketupat gulai tunjang) adalah salah satu kuliner yang harus Anda coba jika ke Pariaman karena memimiliki rasa yang khas. Kuliner ini salah satu kuliner yang susah di dapat karena hanya ada di pagi hari.

jika anda ingin mencicipi kuliner ini anda bisa menemukannya di los lambung, Kuraitaji, di kota Pariaman.

Jadi, kapan Anda berkunjung ke Pariaman, membuktikannya? (Wisja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here