HeadlinesTraveling

Ini Dia 12 Tips Traveling Aman dan Nyaman di Masa New Normal

Kabartravel.com – Cukup lama dikekang, dibatasi aktifitas, dirumh, bahkan di tempat kerja. Kebosanan tentunya menerpa diri. Tentu sudah tak sabar ingin segera liburan atau traveling setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan pelonggaran pembatasan sosial dengan standar new normal?

Tentu banyak orang yang ingin liburan setelah sekitar tiga bulan di rumah aja, karena kebijakan pembatasan interaksi sosial (Social distancing) lebih dikenal dengan istilah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kebijakan PSBB dikeluarkan sebagai upaya untuk menekan atau menghambat laju penyebaran virus Corona Covid-19.

Meski New Normal mulai diterapkan, kita harus tetap menjaga diri dan orang sekitar kita selama traveling.

Menjawab kebutuhan tersebut, Kabartravel.com mencoba merangkum tips traveling aman saat new normal.

Mari simak apa saja yang harus diperhatikan dan disiapkan.

  1. Tentukan Destinasi Wisata

Selama kasus Virus Corona Covid-19 belum menunjukkan penurunan yang berarti, sebaiknya pilih daerah liburan atau destinasi wisata yang tidak terlalu berdampak Covid-19 alias zona hijau.

Traveling atau liburan di destinasi wisata yang berada di zona hijau dapat menurunkan risiko terpapar virus yang hingga kini belum ada vaksinnya itu.

  1. Siapkan Dokumen

Setelah menentukan ke mana akan liburan, saatnya Anda memesan tiket dan booking penginapan. Hostel bisa menjadi pilihan untuk tempat penginapan.

Selain harganya jauh lebih ramah di kantong, Anda juga bisa dengan mudah menemukannya apalagi kini ada OTA khusus hostel, seperti Besthostels.co.id yang

menawarkan banyak pilihan hostel nyaman dan bersih yang memerhatikan standar operasional prosedur (SOP) new normal.

Namun perlu diingat, sebelum memesan tiket dan booking penginapan, cari dulu informasi resmi terkait syarat dan ketentuan yang berlaku selama new normal di destinasi yang akan dituju dan siapkan dokumen sesuai aturan pemerintah.

  1. New Normal, New Rules
BACA JUGA :  Didukung Pemerintah, Suku Baduy Manerapkan “Saba Budaya Baduy”

Dengan adanya new normal ini, maka akan banyak peraturan dan protokol dalam berwisata. Pastikan Anda sudah mencari tahu informasinya.

Peraturan ini bisa terkait pembatasan jumlah tamu, penggunaan masker, pembelian tiket, dan lain sebagainya.

  1. Solo Traveling atau Staycation

Dengan situasi pandemi ini solo traveling merupakan pilihan yang pas. Hal ini juga membuat petualangan Anda jadi lebih seru.

Anda tetap dapat memilih staycation di mana Anda bisa memesan tempat menginap dengan fasilitas yang cocok untuk bersantai dan menikmati pemandangan tanpa harus keluar ke tempat wisata.

  1. Gunakan Kendaraan Pribadi

Liburan tidak harus ke tempat jauh atau ke luar kota yang mengharuskan Anda naik tranpostasi umum.

Jelajahlah kota sekitar tempat tinggal dan cari tempat tempat unik yang belum pernah Anda kunjungi. Gunakan kendaraan pribadi agar terhindar dari kerumunan.

  1. Hand Sanitizer, Obat dan Vitamin

Untuk menjaga agar tetap higienis, hand sanitizer adalah barang yang wajib Anda  bawa.

Siapkan juga tisu basah, tisu kering, sabun cair, dan disinfektan. Selain itu, perlu juga menyiapkan obat-obatan pribadi serta vitamin.

  1. Jaga Pola Makan Sehat dengan Gizi Seimbang

Pola makan sehat dengan gizi seimbang sangat penting dilakukan agar tubuh memiliki daya tahan yang kuat sehingga tak mudah sakit. Dengan begitu badan tetap sehat dan fit selama Traveling.

  1. Bawa Peralatan Pribadi

Perlalatan pribadi yang wajib Anda bawa adalah tempat dan alat makan, botol minum, sendal, serta handuk.

Walaupun banyak peralatan tersebut tersedia dan terlihat bersih di tempat wisata, menggunakan peralatan sendiri lebih baik.

  1. Gunakan Masker

Kemanapun tujuan Anda, masker adalah barang yang wajib Anda pakai.

Selain mencegah penyebaran Covid-19, menggunakan masker juga membantu Anda agar terhindar dari menghirup debu dan polusi selama perjalanan.

  1. Hindari Destinasi Ramai
BACA JUGA :  Ayo Ikuti! Kompetisi Foto “Permata Kotaku” Keindahan Pariwisata Nusantara  

Setelah banyak tempat wisata dibuka, pasti akan ramai. Usahakan untuk tetap jeli memilih tujuan wisata atau datang lebih awal. Jika terlanjur, maka tetap menjaga jarak dan tidak menyentuh wajah.

  1. Transaksi non Tunai

Uang adalah salah satu medium penyebaran bakteri dan virus.

Oleh karena itu minimalisir penggunaan uang tunai dalam bertransaksi, manfaatkan sarana booking dan bayar online yang kini sudah banyak tersedia dan digunakan di tempat wisata.

  1. Istirahat yang Cukup

Liburan yang menyenangkan pasti juga dilengkapi dengan perjalanan yang melelahkan. Istirahatkan mata Anda dari gadget, tidur cukup dan berkualitas.

Dengan memerhatikan beberapa tips tersebut diharapkan perjalanan traveling atau liburanmu di masa new normal berjalan lancar, nyaman dan aman. Selamat liburan dan stay healthy!

  • Wisja
  • Dari Berbagai Sumber

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close