Walikota Depok, Mohammad Idris bersama pengurus AIKD. (Foto : Rizky)

DEPOK, Kabartravel.com  – Industri Kreatif selain penunjang perekonomian masyarakat, juga salah satu sektor pendukung dunia pariwisata. Depok dikenal dengan industri kreatif diberbagai sektor. Kota penyangga ibukota ini, dikenal  dengan berbagai industri kreatif, yang mampu bertahan dalam kondisi perekonomian yang cukup sulit sekalipun.

Para pelaku industri kreatif kota Depok diwadahi Asosiasi Industri Kreatif Depok (AIKD), yang anggotanya dari waktu kewaktu terus bertambah. Melalui AIKD yang sebagian besar pelaku industri kecil menengah (IKM) dari berbagai sektor, antara lain sektor kuliner, fashion, kerajinan, fotografi, desain, animasi, video, musik, seni rupa, hingga seni pertunjukan, terus meningkatkan kualitasnya dengan berbagai program.

Pada Rabu (29/01/2020) Pengurus AIKD masa bhakti 2019 – 2022 resmi dilantik. Pada kepengurusan periode kedua ini Markiyat Berlian, motivator nasional, owner mie Khangen ini secara aklamasi kembali terpilih sebagai  Ketua Umum.

Sejak terbentuk 2012, saat ini jumlah anggotanya mencapai angka 443 orang dan target di 2021 atau 2022 bisa mencapai 2.000 anggota.

“Alhamdulilah perkembangan semakin baik, semoga bisa lebih banyak lagi anggotanya,” ujar Markiyat Berlian kepada awak media.

“Jika target tercapai di angka 2 ribu anggota maka minimal ada 15 ribu karyawan yang tentunya membantu meningkatkan perekonomian,” ungkapnya, pada sambutan pelantikan.

Guna mengembangkan diri para anggotanya, AIKD secara rutin menggelar berbgai kegiatan seperti pelatihan, kursus, maupun sharing bisnis dan coaching bagi para anggota sekaligus dalam rangka merekrut anggota baru.

Sebagai gebrakan pertama di periode kedua kepemimpinannya, AIKD  mengadakan acara Cooking Love Vaganza.

“Acara Cooking Love Vaganza merupakan kegiatan pertama sektor kuliner AIKD yang telah berlangsung sejak 20 Januari hingga 2 Februari 2020,” terangnya.

Markiyat juga mengutarakan harapannya yaitu pihaknya perlu support bagaimana mendatangkan action food yang lebih besar agar industri kreatif itu dapat tumbuh lebih baik.

“Mudah-mudahan ini dapat menjadi action kami ke depan dan untuk legalitas, InsyaAllah industri kreatif sudah mempunyai legalitas yang jelas, dan harapan kami adalah semoga terhimpun kebaikan dan keberkahan,” tegasnya.

Walikota Depok, Mohammad Idris dalam sambutannya mengatakan, walaupun ekonomi sedikit agak lesu tapi omzet anggota AIKD terus bertumbuh, ini yang disebut dalam bahasa agama berkah. Perdagangan yang mabrur, perdagangan yang baik, perdagangan yang bisa menumbuh suburkan  perekonomian dan juga kesejahteraan warga.

“Ini yang disebut dengan perdagangan mabrur,” pungkas Idris.  (Wisja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here