Laporan Eman Supriyadi (Ka Biro KMG Kalimantan Tengah)

Liputan khusus awak media Kabarpolisi Media Group berikutnya adalah Pariwisata di Kelurahan Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Palangka Raya, Kabartravel.com – Tempat Wisata Sei Batu berjarak sekitar 37 km dari pusat Kota Palangka Raya. Bisa ditempuh sekitar 45 menit untuk menjangkau tempat ini dari pusat kota. Wisata Sei Batu dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Telok Kaja.

Untuk lebih detailnya terkait Wisata Sei Batu, awak KMG Kalteng bertandang ke tempat Ketua Pokdarwis, Bapak Windfried Dunia, S.Sos.

Ketua Pokdarwis Telok Kaja menyampaikan hal-hal terkait wisata Sei Batu, “Sei Gohong ditetapkan Pemerintah Kota Palangka Raya sebagai Desa Wisata, dan dipilihlah Sei Batu sebagai sentralnya. Para pengunjung bisa menikmati sejuknya air sungai yang sangat alami, berwarna kecoklatan. Mereka dimanjakan dengan hadirnya gazebo-gazebo tempat bersantai sambil menikmati makanan dan minuman yang dijual warga sekitar.”

Wisata Sei Batu tidak saja dikunjungi oleh warga Kota Palangka Raya, tetapi juga dari Kabupaten-kabupaten lain di Kalteng. “Wisata Sei Batu sangat ramai dikunjungi pada hari Sabtu, Minggu, dan hari-hari besar seperti Idul Fitri, Idul Adha, dan Natal serta Tahun Baru. Untuk itu sangat diharapkan agar pemerintah melalui Dinas terkait agar menambah lagi sarana dan prasarana. Itu semua demi kenyamanan pengunjung. Perlu juga adanya penerangan menuju ke lokasi dan dalam lokasi, ujar Winfried Dunia yang juga pensiunan Sekretaris Camat Bukit Batu.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalteng Dr. Guntur Talajan, SH, M.Pd menyampaikan, “Di Kecamatan Bukit Batu ada beberapa destinasi wisata yang atraktif, ada Batu Banama, Pulau Kaja, Wisata Religi Bukit Karmel, dan yang tidak kalah menarik adalah Wisata Sei Batu di Sei Gohong. Tempat-tempat wisata ini berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar. Makanya tempat-tempat wisata tersebut perlu diperhatikan dan dipelihara.”

Ketua Pokdarwis Telok Kaja, Winfried Dunie, S.Sos

Hal senada disampaikan juga oleh Windfried Dunie, “perlu adanya penambahan fasilitas dan kegiatan di Sei Batu, misalnya ada kegiatan budaya, seni dan bahkan dijadikan tempat pameran seni budaya. Jadi sampai saat ini Sei Batu menjadi magnet wisata yang menarik pengunjung untuk berdatangan. Makanya di pinggir aliran sungai perlu dibersihkan secara rutin.”

Pokdarwis Telok Kaja beranggotakan 12 orang dan semuanya terlibat aktif dalam mengelola wisata Sei Batu. Seperti yang diakui salah satu anggota Pokdarwis, Yuliana bahwa mereka ikut menjaga dan memelihara tempat wisata.

“Kami menjaga di sini, juga melayani pengunjung yang masuk dengan menyodorkan tiket tanda masuk. Pengunjung setiap hari pasti ada, tapi yang sangat ramai adalah hari Sabtu dan Minggu, juga hari-hari besar.”

Yuliana yang keseharian biasa dipanggil Tati juga mengharapkan agar ada fasilitas bermain anak-anak, “tempat ini akan tambah ramai bila ada fasilitas bermain untuk anak-anak. Sangat penting diperhatikan agar pemerintah bisa menambah fasilitas tersebut.” Demikian Tati menutup pembicaraan dengan awak media Kabarpolisi Media Group Biro Kalteng.

Liputan khusus selanjutnya akan kami sajikan Wisata Taman dan Kuliner Pasuk Kameloh Palangka Raya.

(Eman Supriyadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here