Liputan Khusus (Lipsus) awak media Kabarpolisi Media Group selanjutnya adalah Pariwisata di Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah.

Laporan : Eman Supriyadi

KATINGAN, Kabartravel.com – Bukit Batu, sebuah lokasi perbukitan di Kalimantan Tengah tepatnya di desa Bukit Batu, Kecamatan Katingan Hilir, Kab. Katingan. Salah satu petugas jaga Bukit Batu, Nasrun (43) menyampaikan, “Di beri nama Bukit Batu karena memang di daerah ini terdapat kumpulan batu dengan ukuran-ukuran yang sangat besar. Jika diamati kumpulan batu disini merupakan batu keras dengan batu berwarna coklat kehitaman.”

Saat awak media Kabarpolisi Media Group bertanya pada seorang ibu yang juga pengunjung tadi siang (Selasa, 30/7/2019), ibu itu menjelaskan, “Bukit Batu, merupakan lokasi pertapaan Tjilik Riwut. Tjilik Riwut merupakan pahlawan Nasional yang menyatukan Masyarakat Dayak di Pedalaman Kalimantan masuk kedalam NKRI.

Pada jaman penjajahan Tjilik Riwut bergabung dalam KNIP bersama- sama mengusir penjajah. Sebagai seorang putera asli Dayak ia mewakili 142 suku Dayak pedalaman Kalimantan bersumpah setia mengakui Pemerintahan RI secara adat dihadapan Presiden Sukarno di Gedung Agung Yogyakarta, Tahun 1946. Demikian Ibu itu menjelaskan secara detail tentang Tjilik Riwut dan Bukit Batu.

Saat media ini bertemu dengan salah satu staf Dinas Pariwisata Kabupaten Katingan, menjelaskan, “Lokasi Wisata Bukit Batu sangat mudah dijangkau karena letaknya di pinggir Jalan Lintas Kalimantan.
Saat ini oleh pemerintah provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Pariwisatanya mengubah lokasi ini menjadi lokasi wisata spiritual. Lokasi ini bisa dijangkau dari Ibu Kota Kalimantan Tengah, Palangka Raya, dengan kendaraan pribadi dengan jarak tempuh sekitar satu jam kearah Kabupaten Katingan. Perjalanan melalui jalan trans Kalimantan yang cukup bagus, sehingga memudahkan untuk menjangkau lokasi wisata.’

Selanjutnya, staf yang bernama Syaiful itu melanjutkan, “Di tempat wisata Bukit Batu ada telaga yang namanya
Telaga Bawin Kameloh. Letaknya di bagian barat Bukit Batu .Telaga Bawin Kameloh merupakan sumber air seperti sumur, anehnya air ini tidak pernah kering dan selalu dalam keadaan terisi penuh walau setiap hari ada orang yang mengambil airnya. Air yang ada di dalam suber tersebut dipercaya membuat awet muda barang siapa yang melemparkan uang koin kedalam sumber mata air dan membasuh muka dengan airnya.” Demikian Syaiful menutup pembicaraannya dengan awak media Kabarpolisi Media Group.

Edisi selanjutnya, kami akan menyuguhkan Pesona Wisata Sungai Batu yang terletak di Kelurahan Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya.
(Bersambung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here