BATUSANGKAR, kabartravel.com – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno Resmi membuka Festival Pesona Budaya Minangkabau, Rabu) 28/11/2018) bertempat di Istana Basa Pagaruyung Batusangkar. Acara Festival ini akan berlangsung selama lima hari mulai tanggal 28 November sampai dengan 2 Desember 2018.

Hadir dalam pembukaan itu Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Dari Deputi Kemenpar RI, Roseno Arya, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Forkopimda Tanah Datar, Raja raja Nusantara, dan peserta dari negara tetangga Malaysia, Brunai serta tamu undangan dan peserta Festival Pesona Budaya Minangkabau.

Dalam sambutannya Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak Gubernur, peserta festival dan pendukung acara sehingga acara festival Pesona Budaya Minangkabau ini bisa terselenggara. juga kepada masyarakat yang ikut mendukung acara festival Pesona budaya Minangkabau. Dan ucapan selamat datang kepada raja raja nusantara sebagai peserta festival. Sebagai Event terbesar di Sumatera Barat festival pesona budaya minangkabau masuk dalam tiga nominasi dari 132 yang di pilih oleh kemenpar RI di samping Tour de Singkarak dan Sawalunto music Festival ( SIMFEST). Festival pesona Budaya minangkabau ini melibatkan Kabupaten/kota se-provimsi Sumatera Barat.

Selanjutnya semua tamu peserta dan tamu undangan di suguhi dengan menyajikan tradisi makan Bajamba yaitu makan bersama yang di suguh kan kepada tamu dan makan secara bersama dengan hidangan masakan tradisional Minangkabau seperti rendang, dan masakan tradisional lain nya. sementara tradisi minum kopi kawah daun Meraih rekor Muri 4000 ribu kawah daun sajian minuman kopi dengan menggunakan 4000 tempurung kelapa minuman khas dari Tanah Datar. Disamping itu, Tanah Datar juga menyajikan keindahan alam panorama Desa terindah di dunia di Pariangan Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan ucapan selamat datang bagi peserta festival pesona budaya minangkabau yang tergabung dalam Kirab raja raja nusantara, dan kepada peserta festival dari negara tetangga Malaysia dan brunei Gubernur juga menegaskan pemerintah akan selalu mendukung program yang menyelenggarakan acara seni tradisional minangkabau.

Salah satu warisan budaya yang di hadirkan dalam Festival Pesona Budaya Minangkabau makan bajamba karena ini adalah warisan yang harus di lestarikan di samping warisan lain nya yang harus selalu di jaga dan di lestarikan.

Gubernur juga berharap acara ini menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya. (May)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here