JAKARTA, Kabartravel.com – Festival Danau Maninjau, Bukan hanya sekedar acara serimonial, namun diharapkan ada dampaknya untuk pelestarian Danau Maninjau, seperti yang disampaikan Walneg Jas ketua panitia festival, pada rapat gabungan panitia Festival Danau Maninjau, Kamis (10 Mei 2018). di Gedung Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri. Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi , Jalan Raya Bogor, Cijantung, Jakarta Timur.

Festival Danau Maninjau merupakan gerakan sosial yang dipelopori oleh Keluarga Besar dan Tokoh Perantau Salingka Danau Maninjau yang berdomisili di Jakarta, Festival ini perpaduan antara dua program. yaitu pelestarian Dananu Maninjau, dan pelestarian seni budaya. Dengan tema “Kemilau Danau Maninjau” dengan masksud tersirat, mengembalikan keindahan danau Maninjau seperti semula.

Festival Danau Maninjau direncanakan akan dimulai 6 Oktober 2018 mendatang di Jakarta. Fesival ini bakal diawali dengan parade tambua tansa di hari CFD. Pada parade tambua ini, Juga akan dilaksanakan pencatatan rekor muri, memukul seribu tambua. Pada pencatatan rekor muri ini diperkirakan dihadiri 10.000 massa.

Disaat pelaksanaan parade tambur dan pencatatan rekor muri ini akan dilaksanakan penggalangan dana pelestarian Danau Maninjau. diantaranya lewat penjualan souvenir yang berkaitan dengan festival Danau Maninjau, serta dalam bentuk lain.
Festival Danau Maninjau yang diperkirakan menelan dana sekitar 10 milyar dalam rangka mewujudkan Danau Maninjau Kemilau, menjadi Danau konservasi di tahun 2025.

Sebagai rangkaian acara Festival ini, pada acara serimonial akan dilaksanakan festival tambua tansa, festival kuliner dan peragaan dan lomba rancang busana minang. diperkirakan akan dihadiri oleh masyarkat Salingka Danau Maninjau, masyarakat Minang di Jakarta dan sekitarnya, serta warga ibu kota Jakarta dan sekitarnya.

Reporter:Muhammad Rezki
Editor:Wisja Sikumbang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here