Padang Aro, kabartravel.com – Perhelatan akbar tahunan, ajang balap sepeda Internasional di Sumatera Barat Tour de Singkarak (Tds) 2019 selesaikan Etape 6, etape terpanjang dengan jarak tempuh 214.1 Km dari Dermaga Singkarak Kabupaten Solok dan finish di Ruang Terbuka Hijau ((RTH) Padang Aro Kabupaten Solok Selatan, Kamis (7/11), berjalan sukses dan meriah.

Bupati Solok Selatan H. Muzni Zakaria mengatakan, selama ajang TdS berlangsung, Solok Selatan selalu menjadi lokasi finiwh, Dia berharap TdS akan datang Solok Selatan bisa menjadi lokasi start.

Muzni menambahkan, salah satu yang jadi potensi pendukung agar Solsel bisa menjadi lokasi start ialah, Solok Selatan mempunyai rumah gadang yang berada di kawasan saribu rumah gadang yang bisa digunakan sebagai penginapan official dan atlet.

Disamping juga ada hotel dan wisma yang bisa menampung seluruh official TdS.

“Saya berharap, TdS tahun depan Solok Selatan menjadi lokasi start pembalap, kita punya banyak potensi untuk mendukung itu,” imbuhnya.

Disamping itu, Dia juga mengharapkan agar pelaksaan TdS di Sumbar dapat terus dimanfaatkan se-optimal mungkin untuk promosi pariwisata.

“Dengan Tds, potensi wisata di Sumbar dan Solok Selatan khususnya bisa terpublikasi dan dilihat oleh dunia internasional. Dan ini juga kita mintakan kepada pihak kementerian terkait untuk ikut mempromosikan pariwisata di Sumbar dan juga Solsel” katanya.

Muzni juga mengapresiasi rekan-rekan media yang ikut mempromosikan pelaksanaan TdS. Menurutnya salah satu faktor kesuksesan TdS tidak terlepan dari peran media massa.

Bupati Muzni memastikan jalur jalan nasional di Kabupaten Solsel yang dilewati pembalap mulai dari ulu suliti hingga finish di RTH, 90% dalam kondisi baik.

Senada dengan Bupati, Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda juga mendukung pelaksanaan event TdS di Solok Selatan, dia berharap tahun depan Solok Selatan bisa menjadi lokasi star TdS.

Zigo mengatakan, TdS tahun ini akan menjadi bahan evaluasi agar pelaksanaan di masa mendatang bisa jauh lebih matang dan berjalan sukses.

Turut hadir Wabup H Abdul Rahman, Kapolres AKBP Imam Yulisdianto, S.Ik, MH, Ketua DPRD Zigo Rolanda, serta sejumlah anggota DPRD, Kajari M.Bardan, Pabung 0309 Mayor Inf. Togar Harahap, Ketua Pengadilan Agama Nasril, Wakil Ketua DPRD Armen Syahjohan, Anggota DPRD Propinsi Khairunas dan Mario Syahjohan, Dinas Pariwisata Propinsi, Pimpinan Bank Nagari Lubuk Gadang, dan sejumlah tamu dan undangan lainnya

Hasil Balapan

Sementara itu, Pebalap asal Filipina yang tergabung dalam tim 7Eleven Cliqq – Air21 BY Roadbike Philippines, Rustom Lim berhasil menaklukkan rute terpanjang Tour de Singkarak (TdS) 2019, dengan catatan waktu 5 jam 38 menit 8 detik

Diurutan kedua Golakhour Mirsamad Pouseyedi pebalap dari Omidnia Mashhad Team, dengan catatan waktu waktu 5 jam 38 menit 13 detik. Disusul pada urutan ketiga Phouchong Saidomsin yang memperkuat Thailand Continental Cycling Team.

Sementara itu puncak klasemen sementara hingga etpae VI masih dipegang oleh Jesse Ewart dari Team Sapura Cycling Malaysia, dengan total poin 24 jam 53 menit 26 detik.

Gelar juara kategori Best Sprinter’s Classification pada etape VI masih dipegang oleh Jesse Ewart. Sedangkan untuk Raja Tanjakan, pada etape ini jatuh ke tangan Ismael Grospe Jr dari Go For Gold Pilippines. (Humas)

Pebalap Filipina  Rustom Lim dari tim 7eleven CliQQ – Air21 by Roadbike Philippines berhasil mencatatkan nama sebagai yang tercepat  , dengan catatan waktu 5:38:08.

Dia mengungguli pebalap Galakhor Mirsamad Pourseyedi dari Omidnia Mashad Team dengan catatan waktu 5:38:13 diposisi kedua

Sementara posisi tiga diraih pebalap Phuchong Saiudomsin dengan waktu 5:38:35. (Hms/Zaki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here