Nagari Pariangan di Tanah Datar, Sumbar dipilih majalah Travel Budget sebagai salah satu desa terindah di dunia (Ist)

Padang, Kabartravel.com – Semua daerah tentu ingin menjadi yang terbaik di sektor pariwisata. Namun banyak hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan pengakuan sebagai yang terbaik, dan pastinya tidak mudah.

Pengakuan dapat diperoleh melalui berbagai cara, salah satu diantaranya adalah melalui polling, karena melibatkan banyak pihak dari berbagai daerah, negara bahkan benua.

Sumatera Barat beruntung saat “Rendang” terpilih sebagai makanan terenak di dunia lewat polling yang digarap oleh CNN Go’s pada September 2011 dan Juli 2017.

Di tahun 2020 “Rendang” malah dipilih oleh Celebrity Chef kelas dunia Gordon Ramsey sebagai masakan yang dipertandingkan proses pembuatan dan rasanya dengan legenda hidup Chef Indonesia William Wongso dalam acara yang ditayangkan di saluran National Geographic.

Dalam “World Halal Tourism Award 2016” di Abu Dhabi, Sumatera Barat juga diganjar 3 penghargaan yaitu sebagai “The Best Halal Tour Operator, The Best Halal Destination, dan The Best Halal Culinary”. Sebuah anugerah langka ketika pemenangnya juga ditentukan oleh sistem polling yang diikuti oleh seluruh penduduk di berbagai belahan benua.

Ada juga pengakuan yang datang dari hasil observasi lembaga atau orang yang kompeten di bidangnya. Nagari Pariangan di Tanah Datar dipilih majalah Travel Budget sebagai salah satu desa terindah di dunia bersama Desa Wangen di Swiss, Desa Eze di Perancis, Desa Niagara di Kanada dan Desa Cesky Krumlov di Ceko.

Bentuk pengakuan lain adalah dengan dinobatkannya Ngalau Indah Pangian sebagai goa terindah di Asia Tenggara dari ahli goa internasional Deharveng A. Befos dari Perancis.

Pengakuan pada akhirnya harus memerlukan pembuktian, dan hal tersebut juga harus diyakinkan dengan datang melihat dan menikmati langsung hal-hal yang sudah mendapat pengakuan dari berbagai pihak tadi. Jika tidak, catatan itu hanya akan menjadi cerita dari satu generasi ke generasi berikutnya, dan anda tidak akan pernah menjadi bagian dari banyak orang yang sudah membuktikan bahwa pariwisata Sumatera Barat itu memang berbeda.

  • Reportase : Novrial/Dispar Sumbar
  • Editor        : Wisja
BACA JUGA :  Nusantara Marandang Dapat Penghargaan MURI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here