Headlines

Baparekraf Developer Day 2020 untuk Para Talenta Digital Kreatif

Jakarta, Kabartravel.com – Untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi para talenta digital kreatif,  pada 18 dan ‪19 Juli 2020, Kemenparekraf/Baparekraf Gelar acara daring Baparekraf Developer Day 2020

Dalam sambutan pembukaan, Plt. Deputi Bidang Ekonom Digital dan Produk Kreatif, Josua Puji Mulia Simanjuntak, Sabtu (18/7/2020) mengatakan acara daring ini dilakukan atas inisiasi Baparekraf untuk transfer pengetahuan dan standar industri secara langsung dari para praktisi andal yang telah sukses dalam pengembangan produk digital khususnya di bidang subsektor aplikasi, web, teknologi, dan game.

“Ini merupakan langkah Baparekraf untuk memberikan wadah bagi para talenta digital untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, berjejaring dan menciptakan solusi. Harapannya mereka mendapat inspirasi dari para praktisi sehingga bisa memberikan sumbangsih bermanfaat bagi masyarakat dalam bentuk karya digital,” kata Josua.

Menurut laporan dari The Global Startup Ecosystem 2020, Jakarta dinobatkan sebagai ekosistem perusahaan rintisan terbaik kedua pada Top 100 Emerging Ecosystem di bawah Mumbai, India.

Indikator yang digunakan dalam penilaian adalah performa startup, pendanaan, jangkauan pasar, dan talenta digital. Dari empat penilaian tersebut talenta digital memiliki nilai yang paling rendah.

“Data tersebut menunjukkan tantangan yang harus kita jawab ke depannya. Kebutuhan akan developer, baik developer mobile, website, atau lainnya akan semakin tinggi. Jangan sampai perusahaan-perusahaan tersebut menarik warga negara asing dikarenakan kurangnya ketersediaan tenaga kerja terampil.

Selain jumlah developer yang perlu ditingkatkan, juga harus ada peningkatan kompetensi dari para developer tersebut agar sesuai dengan permintaan industri,” ungkap Josua.

BDD kata Josua, juga merupakan upaya untuk mewujudkan transformasi digital di sektor kreatif. “Diharapkan dari BBD ini akan muncul agen agen perubahan menuju digital untuk ke-17 sub-sektor ekonomi kreatif,” tegasnya. (Wisja).

BACA JUGA :  NTT Nyatakan Siap Memasuki New Normal Pariwisata

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close