Destinasi Wisata Sejarah Mbah Beji, Menguak Litus dan Seni Budaya Depok

0
83

DEPOK, kabartravel.com – Destinasi wisata situs sejarah Mbah Beji merupakan program pemerintah kota Depok yang diusulkan oleh ketua DPC PWRI Kota Depok yang disampaikan oleh Rahmat Budianto pada tanggal 21-22 mei 2018, kepada dinas komunikasi dan informatika kota Depok melalui kepala dinas Kominfo bapak Sidik Mulyono dan kepada Dinas pemuda Olah Raga Budaya dan Pariwisata (Disporyata),pada saat pengurus DPC PWRI kota Depok melakukan audiensi dalam rangka memperkenalkan jajaran pengurus dpc PWRI kota Depok periode tahun 2017 – 2019.

Pada program Destinasti wisata situs sejarah tersebut ada beberapa tempat yang akan dijadikan sebagai objek wisata sejarah yaitu Makam Mbah Beji , Taman Mbah Raden Wujud Beji , Taman lapangan Jawa dan sumur yang ada disekitar makam.
Siapa itu Mbah Beji?, Nama Mbah Beji merupakan pendiri kampung Beji dan cikal bakal daerah Beji namun untuk nama asli dari mbah Beji sendiri belum diketahui secara pasti karena tidak ada fakta yang dapat menguatkan hal tersebut, yang jelas beliau merupakan salah satu ulama besar bahkan diyakini oleh masyarakat asli Beji sebagai Aulia Allah .

Disamping itu dengan destinasi wisata situs sejarah Mbah Beji diharapkan mampu membantu mengangkat Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Depok dan mengakat kesejahteraan masyarakat sekitar obyek wisata. Destinasti wisata situs sejarah tersebut merupakan usulan ketua DPC PWRI kota Depok Rahmat Budianto pada tahun 2018 namun baru akan terealisasikan, dan diharapkan ditahun ini bisa terealisasi.

Tujuan diadakannya destinasti wisata situs sejarah itu untuk mengungkap sejarah Beji dan situs sejarah yang ada dikota depok pada umumnya yang nyaris terlupakan, apalagi dilihat dari jati dirinya para tokoh yang ada di wilayah yang dimaksud. Kemudian agar generasi berikutnya bisa mengetahui budayanya, sementara kota Depok ini belum jelas jati diri kesenian atau budaya aslinya , apakah masuk budaya bogor atau ke betawi atau memilik kesenian asli tersendiri . harapannya dengan adanya destinasti wisata tersebut dapat terkuak seni budaya atau jati diri sebenarnya kota depok apakah itu pencak silat atau kesenian lainnya seperti tari tarian dan sebagainya.Sebetulnya Makan mbah beji sendiri sudah sangat dikenal bahkan sampai luar daerah banyak pengunjung dari luar daerah dan dari berbagai kalangan bahkan pejabat pejabat tidak segan untuk menyambangi Makam Mbah Beji, perlu ditegaskan bahwasanya hal ini tidak berkaitan dengan kemusyrikan melainkan sebagai bentuk penghormatan kepada salah seorang pendiri bangsa , Bahkan dahulu Soekarno presiden pertama Republik Indonesia pernah beberapa kali berkunjung di tempat tersebut, yang pada akhirnya setiap malam jum’at memberikan oleh oleh hadiah yang berupa cerutu dan doa untuk Mbah wujud Beji.

“Perlu ditegaskan bahwasannya destinasti wisata tersebut bukanlah menguak jati diri Mbah beji tetapi menguak litus atau Seni budaya masyarakat beji.”
Harapan dari Destinasti wisata ini juga untuk kesejahteraan masyarakat sekitar karena mereka dapat melakukan usaha seperti dagang dengan tetap dibina di sekitar wisata.

Dari jaman ke jaman belum pernah ada penjelasan yang jelas mengenai sejarah Mbah beji sehingga dengan ini dapat terjawab Seni Budaya Asli masyarakat Depok dan sejarah yang sebenarnya. (M.Rezki)

Sumber: LiterasiDepokNews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here