Dua tenda milik wisatawan berdiri di puncak Gunung Hawu, Bandung. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

KABARTRAVEL.COM — Sama seperti Bali, Kota Bandung di Jawa Barat seakan selalu haus akan kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Dan tahun ini, Paris van Java berencana menggelar sebanyak 200 festival seni budaya yang akan diadakan setiap bulannya.

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari, dari ratusan festival itu, ada dua festival yang bertaraf internasional.

“Dua festival yang berskala dunia itu ialah Festival Asia-Afrika dan Musyawarah Besar Keraton,” kata Kenny di Bandung, seperti yang dilansir dari Antara pada Senin (3/3).

Kenny berharap, ratusan festival yang digelar akan meningkatkan jumlah kunjungan wisawan sebanyak lima persen dari tahun sebelumnya, yang berjumlah 7 juta orang.

Kota Bandung selalu dipilih sebagai tujuan wisata akhir pekan, terutama oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Namun, Kenny ingin mengubah persepsi tersebut, agar kotanya juga selalu ramai dikunjungi di hari biasa.

“Kami akan memperbanyak paket wisata kuliner, sejarah dan seni budaya. Selama ini wisatawan datang hanya satu sampai dua malam. Kami ingin mereka memperpanjang liburannya di Bandung. Dengan cara ini, tingkat hunian hotel juga akan mingkat,” kata Kenny.

Dalam paket wisata yang ditawarkan, Kenny akan merancang cara agar wisatawan dapat merasakan wisata dengan kearifan lokal khas Indonesia, mulai dari berjalan kaki sampai naik angkutan umum.

“Banyak sekali peninggalan Presiden Soekarno. Nanti kami akan membuatkan paket wisata mengunjungi objek wisata itu dengan jalan kaki, naik sepeda, naik angkutan umum sampai naik Bandros (bus wisata Bandung,” pungkas Kenny. (Thaya)

Sumber : CNN Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here