Anggaran Sektor Pariwisata Riau Capai Rp453 Miliar

0
59

Kepala Disparekraf Riau, Fahmizal (internet)

KABARTRAVEL.COM Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kretaif (Disparekraf) provinsi Riau, Fahmizal mengatakan sektor pariwisata makin gencar dibangun oleh pemerintah daerah melalui peran serta masyarakat dan swasta.

Keseriusan itu dibuktikan dengan penganggaran untuk pembangunan dan pengembangan destinasi wisata di Riau yang menjadi fokus arah pembangunan Riau hingga tahun 2020 mendatang.

“Untuk sektor pariwisata itu selama tahun 2017 ini ada dianggarkan sekitar Rp453 miliar yang tersebar ke seluruh dinas lainnya sesuai dengan bidangnya,” kata Fahmizal kepada Riau24.com, Rabu, 22 Maret 2017.

Pendistribusian anggaran sesuai bidang kerja, kata Fahmi, dilakukan usai adanya UU Pemerintah Daerah yang baru, sehingga satu bidang pembangunan dikerjakan secara bersama oleh beberapa OPD terkait.

Misalnya, dalam sektor pariwisata ini, penyebaran dilakukan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga, Dinas Koperasi dan UMKM, serta beberapa OPD lainnya.

“Tugas pariwisata dalam aturan perundangan itu cuma tiga, yaitu pengembangan, pembinaan dan promosi. Untuk fisik itu sudah kita ajukan kepada dinas PU untuk beberapa pembangunan akses dan infrastruktur pariwisata di Riau,” paparnya.

Apalagi, kemarin, Selasa, 21 Maret 2017, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menegaskan arah pembangunan Riau selama 2017 ini pada pembangunan sektor ekonomi kreatif melalui promosi pariwisata budaya yang sangat potensial dikembangkan.

“Dengan komitmen Pak Gubernur kemarin, tentu kita memberikan porsi dan perhatian lebih pada pengembangan wisata budaya, terutama dengan melibatkan masyarakat dan swasta sebagai pengelola yang mandiri,” jelas Fahmizal.

Editor : Christian Panjaitan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here